TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Vitamin D Bisa Perpanjang Usia Pasien Kanker Payudara

26/10/2017 - 03:21 | Views: 6.08k
ILUSTRASI: Kanker Payu Dara. (Foto:Alodokter)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh ternyata mampu memperpanjang harapan hidup pasien kanker payudara.

Menurut hasil kajian TIMES Indonesia dari penelitian terbaru yang dilakukan Kaisar Permanante Northern California Division of Research dalam Daily Mail menemukan, pasien yang memiliki kadar vitamin D tinggi dalam tubuhnya berpeluang sepertiga kali lebih besar untuk memiliki harapa hidup lebih panjang.

Dalam penelitian itu, telah dibuktikan dengan mengamati sampel jaringan payudara dari 1.666 sukarelawan dua bulan selepas diagnosis hingga delapan kemudian.

Pada masa itu, peneliti mengambil sampel Biomarker yang ada dalam darah, yaitu 25-hydroxyvitamin D (250HD) untuk melihat tingkat keberlangsungan hidup sukarelawan.

Hasilnya, vitamin D mampu menurunkan peluang kematian pada pasien kanker payudara. Dengan adanya kadar biomarker 250HD-nya yang juga tinggi, menunjukkan tingginya peluang pasien untuk bertahan hidup.

"Wanita yang kadar vitamin D-nya paling tinggi punya peluang 30 persen lebih besar ketimbang yang kadarnya paling sedikit," kata peneliti Lawrence Kushi. 

Hasil ini, juga menyakinkan peneliti bahwa vitamin D mampu menghambat reproduksi sel-sel kanker, bahkan memusnahkan mereka secara efektif.

Selain itu, dalam tes laboratorium yang dilakukan peneliti Stanford University, tikus yang kekurangan vitamin D selama 10 minggu ternyata memiliki perkembangan tumornya terjadi lebih cepat dibandingkan dengan tikus yang asupan vitamin D-nya cukup.

Dengan demkian maka, mempertahankan asupan dengan tingkat vitamin D tinggi, mampu memberikan perlindungan lebih pada pasien kanker, sama seperti penelitian sebelumnya.(*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search