TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Polres Jember Tangkap Pelaku Pernikahan Sejenis

25/10/2017 - 15:35 | Views: 14.49k
Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo dan Wakapolres Jember Edo Satya Kentriko saat press conference. (FOTO: Angga/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, JEMBER – Kepolisian Resor (Polres) Jember menangkap pelaku pernikahan sejenis, dengan pemalsuan dokumen surat nikah.

Menurut Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, pelaku pernikahan sejenis ini telah melakukan pemalsuan dokumen nikah, dan sudah melangsungkan pernikahan agar bisa hidup bersama.

"Motifnya ingin bersama, dan kedua pelaku sudah pacaran selama 1 tahun serta pada bulan Juli 2017 melangsungkan pernikahan," ujarnya saat konferensi pers di Mapolres Jember, Rabu, (25/10/2017).

Pernikahan-Sejenis-2ApidH.jpg

Kronologinya menurut Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, pelaku yang berperan sebagai laki-laki inisial MF dan perempuan AA pada 1 Juni mengurus surat nikah. Dengan mengisi surat N 1 hingga N 5, dan surat yang di berikan sudah dipalsukan sebelumnya.

"Dokumen yang diserahkan semua telah dipalsukan sebelumnya melangsungkan pernikahan, dan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Agung tidak curiga. Sebab AA memakai jilbab dan berbicara dengan suara layaknya perempuan," imbuhnya.

Terbongkarnya pernikahan sejenis ini menurut AKBP Kusworo Wibowo, mendapatkan informasi atas keresahan dari warga sekitar setelah 3 bulan kemudian setelah resepsi pernikahan.

"Warga resah dan mempertanyakan kepada MF apakah istrinya perempuan, dan diakuinya perempuan," tuturnya.

Informasi dari KUA Kecamatan Ajung, pelaku MF dan AA mengurus surat tersebut berdua.

Polres Jember menjerat kedua pelaku dengan pasal 263 KUHP yaitu barang siapa dengan sengaja memalsukan dokumen akan dijerat hukuman 6 tahun penjara, dan 266 KUHP yaitu memberikan keterangan palsu dalam akta otentik dijerat hukuman 7 tahun penjara.

"Polres Jember akan menyelidiki lebih lanjut keterlibatan dalam pemalsuan dokumen ini," jelasnya. (*)

Jurnalis :
Editor : Faizal R Arief
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search