TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

BPBD Jember: Masyarakat Lereng Gunung Harap Berhati-hati

25/10/2017 - 17:19 | Views: 3.53k
Kabid Kewaspadaan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo saat ditemui di Kantor BPBD Jember (Foto: Angga/TIMES Indonesia).

TIMESBANYUWANGI, JEMBER – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember, Jawa Timur mengimbau masyarakat Jember untuk lebih berhati-hati akan bahaya longsor dan banjir.

Kabid Kewaspadaan dan Logistik Heru Widagdo, Rabu, (25/10/2017) mengatakan BPBD Jember sudah memberikan surat kepada seluruh camat di 31 kecamatan di Kabupaten Jember, untuk lebih waspada menghadapi musim penghujan yang berpotensi bencana.

"Surat tersebut diteruskan kepada kepala desa, untuk disampaikan kepada masyarakat. Sebab curah hujan semakin meningkat hingga 1000, dan informasi dari BMKG juga akan berlangsung hingga November serta akan ada peningkatan," ujarnya.

Kawasan di Jember yang punya potensi longsor dan banjir menurut Heru adalah Kecamatan Sumberbaru, Tanggul, Silo dan Tempurejo. "Kawasan di lereng gunung Argopuro dan Lemongan yang perlu berhati-hati," imbuhnya.

Selain itu juga Heru menyampaikan, kerentanan paling tinggi di kawasan gunung, maka dari itu bentuk koordinasi ini merupakan salah satu upaya dalam mengurangi resiko bencana.

"Koordinasi kepada dinas terkait tingkat bawah perlu dilakukan sebab ini sebagai early warning system (EWS). Jadi bila ada kejadian bisa segera menyelamatkan diri dan berkoordinasi dengan BPBD Jember," tuturnya. (*)

Jurnalis :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search