TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Ketua AMSI: Tugas Media adalah Membersihkan Hoax

25/10/2017 - 12:55 | Views: 3.96k
Ketua DPP AMSI Wens Manggut pada pembukaan Konferwil I AMSI Jawa Timur , Rabu (25/10/2017). (FOTO: Ainun/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, SURABAYA – Ketua DPP Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wens Manggut mengatakan, media siber memiliki pekerjaan bersama membersihkan dunia digital dari media dan berita hoax.

"Akan banyak pekerjaan bersama membersihkan dunia digital dari sampah hoax," ujarnya dalam sambutan pada  Konferensi Wilayah I AMSI Jawa Timur, di Spazio Surabaya, Rabu (25/10/2017).

AMSI sebagai salah satu organisasi yang mewadahi media siber di Indonesia didirikan atas fakta banyaknya media online di Indonesia.

Wens menyebut, catatan Dewan Pers ada sekitar 43 ribu media online. Kemenkominfo bahkan mencatat ada sekitar 47 ribu media siber di Indonesia.

AMSIUTuSh.jpg

"Baik media yang prudent atau tidak, yang berbadan hukum maupun belum berbadan hukum," imbuh pria yang menjabat Pemimpin Redaksi merdeka.com ini.

Banyaknya media siber tidak mungkin diorganisasi oleh AMSI sendiri. Wens sebagai Ketua DPP AMSI menyambut baik kehadiran SMSI (Serikat Media Siber Indonesia) sebagai warah yang serupa.

Dia mengatakan, banyaknya hoax bisa mengganggu bisnis yang dirintis dan dikelola media yang telah memenuhi aturan hukum dan etika jurnalistik dengan benar. 

"Efeknya ke kita juga. Lama-lama kita kecipratan tidak dipercaya publik. Banyak konten hoax atau fake (palsu). Kita nggak bisa sendirian (memberantas)," bebernya.

Peserta-AMSIavUSI.jpg

Menurutnya, perlunya kerjasama dengan banyak pihak dalam memberantas media dan berita hoax. Selain itu, dia pun mengingatkan bahwa media harus berbadan hukum, sesuai Undang-Undang Pers.

"Selain menegakkan etika jurnalistik, yang khas pada media digital adalah pedoman media siber," imbuhnya.

Sejumlah pejabat daerah hadir pada pembukaan Konferwil I AMSI Jatim ini, di antaranya Gubernur Jatim Soekarwo, Wagub Jatim Saifullah Yusuf, dan Bupati Trenggalek Emil Dardak.

Konferwil I AMSI Jatim diikuti sekitar 21 media siber yang berada di Jawa Timur. Konferensi ini merupakan perhelatan keempat dari AMSI di Indonesia. Sebelumnya, Konferwil telah digelar di sejumlah provinsi di Sulawesi. Selanjutnya, Konferwil AMSI akan berlangsung di Yogjakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. (*)

Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search