TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Turut Tingkatkan Potensi Daerah, ITN Jalin Kerjasama dengan Pemda Sumbawa

25/10/2017 - 10:44 | Views: 4.48k
Rektor ITN Malang Dr Ir Lalu Mulyadi MT dan Bupati Sumbawa M Husni Djibril Bsc. (foto: Humas ITN)

TIMESBANYUWANGI, MALANG – Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menjalin kerjasama MoU dengan Pemerintah Kabupaten Sumbawa. Kerjasama ini sebagai wujud kolaborasi dalam mendukung pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan meningkatkan kemampuan pengelolaan potensi daerah.

Penandatangan kerjasama ini dilakukan oleh Bupati Sumbawa M Husni Djibril, BSc dan Rektor ITN Malang Dr Ir Lalu Mulyadi, MT  Senin (23/10/2017) lalu.

Rektor ITN Malang, Lalu Mulyadi mengatakan kunjungan yang dilakukan ke Sumbawa, Nusa Tenggara Timur, lalu berkaitan dengan sosialisasi terkait visi dan misi kampus. Tujuannya untuk menghimpun para alumni, dan mengimplemetasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Dalam visi misi, kami berupaya memberikan kontribusi terhadap pendidikan, Pemerintah Daerah melalui teknologi terapan untuk peningkatan potensi daerah, khususnya di Sumbawa," kata Lalu, saat ditemui TIMES Indonesia, Rabu (25/10/2017).

Ia mengatakan kerjasama ini diharapkan akan memaksimalkan potensi daerah. Dosen ITN yang memiliki kemampuan multi disiplin ilmu, meliputi mesin, elektro, dan sipil, diharapkannya bisa turut ambil bagian penting untuk masyarakat.

"Kampus kami, bisa disebut gudang ahli, jadi diharapkan ilmu yang dimiliki bisa diterapkan di daerah," tambahnya.

Selain menjalin kerjasama Pemerintah Daerah, ITN juga melakukan kerjasama dengan Universitas Sumbawa. Kerjasama dengan kampus ini diharapkan mampu menjadi upaya berbagai ilmu, melalui kolaborasi riset untuk mengembangkan kemajuan pendidikan bangsa.

Tak hanya itu, dalam kunjungannya ke Surabaya, Rektor juga menghimpun 200 Alumni ITN. Sosialisasi ini, ditujukan agar alumni mengerti dan paham visi misi kampus, untuk peningkatan koordinasi.

"Kami juga sosialisasi untuk alumni disana," ungkapnya.

Secara terpisah, Bupati Sumbawa, Husni Djibril menilai  kerjasama ini memiliki nilai strategis dalam penyelenggaraan pembangunan daerah. Terutama memperkuat pendekatan teknokratis dalam perencanaan pembangunan daerah. 

"Dukungan sumberdaya yang dimiliki ITN Malang ini diharapkan  dapat memberikan kontribusi positif dalam memperkuat kajian-kajian teknokratis dalam perencanaan pembangunan daerah," katanya.(*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search