TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Lanud Abdulrachman Saleh Tanam 3000 Pohon Penghijauan

24/10/2017 - 15:19 | Views: 5.04k
Personel Lanud Abd Saleh menanam pohon di Desa Kemiri, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. (FOTO: Lanud Abd Saleh)

TIMESBANYUWANGI, MALANG – Lanud Abdulrachman Saleh Malang menggelar aksi penghijauan dengan menanam 3.000 pohon di Desa Kemiri, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (24/10/2017).

Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma Julexi Tambayong memimpin aksi penanaman pohon di lahan seluas empat hektar ini.

“Hari ini kita membumi, yang biasanya kita di dirgantara, namun hari ini kita menyelamatkan sumber mata air desa Kemiri,” kata Marsma Julexi. 

Julexi menerangkan, penghijauan bisa menimbulkan daya tarik bagi beragam satwa untuk berlindung dan berkembang-biak. Dengan penghijauan, kata dia, sumber mata air bagi kehidupan masyarakat sekitar lokasi penanaman pohon bisa lestari.

Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa penghijauan atau reboisasi  berguna untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Pepohonan mampu menyerap polusi serta debu dari udara, kemudian membangun kembali habitat serta ekosistem alam.

LANUD1DlY8B.jpg

"Juga mencegah terjadinya global warming dengan cara menangkap karbondioksida dari udara, jjuga dapat dimanfaatkan hasilnya terutama kayu," imbuhnya.

Jenis pohon yang ditanam di antaranya beringin, gayam, mahoni, kopi, sukun, garuda, dan beberapa pohon buah.

LANUD2TXxB4.jpg

Sekitar 200 personel Lanud terlibat dalam gerakan yang menggandeng Pemerintah Kabupaten Malang dan Dinas Lingkungan Hidup. Gerakan ini juga diiikuti para pejabat di lingkungan Lanud Abdulrachman Saleh, jajaran Muspika Pakis, serta warga masyarakat desa setempat.

Selain penghijauan, Marsma Julexi. juga memberi bantuan berupa sembako kepada masyarakat Desa Kemiri yang kurang mampu. Penyerahan secara simbolis dilakukan di areal sumber air Desa Kemiri. (*)

Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search