TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Pendidikan

Polije Ciptakan Inseminasi Buatan untuk Ayam Buras dan Petelur

16/10/2017 - 14:44 | Views: 5.04k
Budi Prasetyo Dosen Jurusan Perternakan Polije saat memperlihatkan hasil pengambilan sperma ayam jantan. (FOTO: Angga/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, JEMBER – Politeknik Negeri Jember (Polije) membuat inovasi inseminasi buatan (IB) pada ayam buras dan ayam petelur. Inovasi ini diharapkan bisa  meningkatkan jumlah produksi telur serta memenuhi kebutuhan pasar daging ayam.

Budi Prasetyo, dosen Jurusan Perternakan Polije, mengatakan, IB merupakan salah satu langkah persilangan kepada ayam untuk menghasilkan jumlah telur dan daging ayam. Sebab bila dilakukan secara alami akan sangat sulit dilakukan.

"Dengan IB ini akan meningkatkan jumlah produksi telur dan daging," ujarnya.

Polijezj2WT.jpg

Cara inseminasi buatan tersebut ungkap Budi, pejantan yang telah dipilih, yakni memiliki bobot lebih dari 2 kilogram diambil spermanya dengan melakukan pemijatan dibagian punggung. 

"Setelah didapatkan spermanya kemudian dicampurkan dengan NACL Fisiologis, guna mengencerkan sperma sehingga menambah daya rangsang bagi betina," imbuhnya.

Budi Prasetyo mengatakan, sperma yang telah dicampur larutan tersebut kemudian disuntikkan ke dalam ayam petelur, lalu tunggu hingga 3-4 hari untuk mendapatkan telurnya.

Suntik-AyampB96U.jpg

"Telur yang telah dikumpulkan bisa langsung dimakan seperti telur biasa, dan bisa juga ditetaskan melalui mesin inkubasi selama 18 hari kemudian dipindahkan ke mesin tetas selama 3 hari. Lalu anakkan ayam yang baru bisa disortir," tuturnya.

Budi mengatakan, tingkat pembuahan mencapai 90 persen, dan daya tetasnya mencapai 70 persen. (*)

AyamI2vZt.jpg

Jurnalis :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search