TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Jaga Kesehatan Mata dengan 5 Cara Ini

15/10/2017 - 06:34 | Views: 17.51k
ILUSTRASI. Menjaga kesehatan mata. (FOTO: beautycaz.com)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Penglihatan merupakan fungsi vital dalam menjalani kehidupan Anda sehari-hari. Tapi sayangnya banyak orang mengabaikan kesehatan mata dan menyepelekan gejala yang timbul pada mata.

Gangguan kesehatan pada mata sebenarnya bukan plus-minus-silinder saja. Tapi ada banyak, mulai dari katarak, buta warna, hingga gangguan penglihatan lain, termasuk kanker.

Agar mata tetap sehat, Anda perlu menjaga kesehatan mata. Dilansir dari Klik Dokter, berikut cara menjaga mata yang bisa Anda lakukan.

Makanan Sehat
Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3, lutein, zink, vitamin C dan vitamin E agar Anda terhindar dari berbagai penyakit mata seperti degenerasi makular (gangguan pada retina mata karena usia) dan katarak.

Berhenti Merokok
Merokok dapat meningkatkan risiko Anda terkena berbagai penyakit mata seperti katarak, kerusakan saraf mata dan degenerasi makular. Selain itu, dengan berhenti merokok Anda juga bisa terhindar dari risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Hindari Sinar Matahari
Paparan berlebih sinar ultraviolet (UV) dari matahari dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan pada mata Anda, meningkatkan risiko katarak dan degenerasi makular. Untuk itu, pastikan mata Anda terlindung dari sinar matahari dengan menggunakan kacamata hitam yang memiliki proteksi terhadap sinar UV.

Batasi Melihat Komputer
Melihat komputer atau layar ponsel Anda terus-menerus dapat menyebabkan mata lelah, pandangan kabur, penglihatan sulit fokus, mata kering, nyeri kepala dan nyeri tengkuk serta bahu.

Periksakan Mata
Untuk memastikan mata Anda tetap terjaga dengan baik, lakukan pemeriksaan mata secara rutin setiap 6 bulan sekali. Tidak semua penyakit mata memiliki keluhan, seperti misalnya glaukoma yang seringkali tidak menimbulkan gejala. Dengan pemeriksaan mata rutin, penyakit mata dapat terdeteksi sejak dini. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search