Peristiwa - Daerah
Ketahanan Informasi Sosial
Atasi Korban Pasca-Banjir, BPBD Banyuwangi Gandeng TNI AD
19-12-2017 - 20:07 | Views: 4.56k
Personel Koramil 0825/01 Banyuwangi bersama, BPBD dan masyarakat memperbaiki jembatan yang ambrol di Lingkungan Wonosari Kelurahan Sobo Banyuwangi. (FOTO: ajp.TIMES Indonesia)
Personel Koramil 0825/01 Banyuwangi bersama, BPBD dan masyarakat memperbaiki jembatan yang ambrol di Lingkungan Wonosari Kelurahan Sobo Banyuwangi. (FOTO: ajp.TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Pasca terjadinya banjir yang memutuskan jembatan yang menghubungka Kelurahan Sobo dan Kelurahan Pakis, Kecamatan Banyuwangi, BPBD Kabupaten Banyuwangi dan TNI AD dari Koramil 0825/01 Banyuwangi terus bersinergi.

Kedua instansi ini melaksanakan Karya Bakti Padat Karya bersama warga sekitar. Mereka gotong royong di lokasi Jembatan Penghubung yang ambrol.

Karya bakti diikuti sekitar 50 orang. Masing-masing terdiri dari Personel Koramil 0825/01 Banyuwangi, BPBD Kabupaten Banyuwangi, dan Masyarakat Lingkungan Wonosari.

Sebelum pengerjaan Karya Bakti Padat Karya ini dilakukan apel Pagi Nanang Hariyadi Staf BPBD Kabupaten Banyuwangi. Lalu gotong royong memasang pondasi sementara dengan menggunakan karung yang berisikan tanah. Selain itu pihak BPBD dan TNI juga membuat jembatan sementara dari pohon kelapa. 

Eka Muharram, Kabid Kedaruratan BPBD  Banyuwangi, mengatakan, Karya Bakti Padat Karya yang dilaksanakan ini adalah upaya untuk pemulihan darurat. Kegiatan ini untuk menormalisasi kerusakan sementara dengan melibatkan masyarakat setempat yang terdampak mengalami banjir sebagai tenaga kerjanya.

"Jadi masyarakat yang bekerja untuk pemulihan kita berikan upah biaya sebesar 60 ribu perhari sampai kegiatan karya bakti Padat Karya ini selesai,'' ujar Eka. 

Sementara, Danramil 0825/01 Banyuwangi Kapten Arh Surahman mewakili Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Ruli Nuryanto mengatakan, keterlibatan personel Koramil 0825/01 Banyuwangi untuk membantu pemerintah dan masyarakat yang membutuhkan.

"Keterlibatan kami dalam membantu Pemerintah Daerah bersama BPBD Kabupaten Banyuwangi untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat. Dengan adanya keterpaduan dan kebersamaan antara TNI, dinas terkait, dan masyarakat pada umumnya, ini akan semakin memperkokoh kemanunggalan TNI-rakyat,'' ujar Surahman.

Kegiatan Karya Bakti Padat Karya dihadiri Kepala Dinas PU Pengairan Banyuwangi H. Guntur Priyambodo, Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Banyuwangi Eka Muharram, SH; Kabid Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD  Banyuwangi   Ir. Sukarno, MT; Kasi Pemerintahan dan Trantib Kelurahan Sobo  Abdul Adhim, S,Ap serta sejumlah staf BPBD. (*)

Pewarta
: Muhammad Hamidin (CR-080)
Editor
: AJP-1 Editor Team
Publisher
: Sholihin Nur