TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Kenali Lima Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D

14/10/2017 - 01:25 | Views: 4.16k
ILUSTRASI. Sinar matahari pagi merupakan salah satu sumber vitamin D. (FOTO: huffpost.com)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Kekurangan vitamin D di dalam tubuh dapat mengganggu kondisi kesehatan. Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi (hipertensi) dan diabetes hingga dua kali lipat. Selain itu, kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan menurunnya penyerapan kalsium dan fosfor oleh usus.

Agar tidak mengalami hal di atas, Anda harus mencukupi kebutuhan vitamin D. Selain itu, Anda juga harus mengenali tanda gejala kekurangan vitamin D. Seperti dilansir dari Klik Dokter, berkut lima tanda tubuh kekurangan vitamin D.

Keringat Berlebih
Produksi keringat yang berlebihan bisa menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan vitamin D. Dahi yang tak pernah berhenti berkeringat, bahkan saat berada di ruangan dengan suhu cenderung dingin, merupakan gejala awal yang dapat Anda perhatikan.

Selalu Merasa Lelah
Jika mudah merasa lelah, bahkan untuk pekerjaan yang tidak berat, Anda mungkin kekurangan vitamin D. Vitamin D berperan untuk menjaga kekuatan otot. Kurang vitamin D dapat berdampak rasa lelah yang tak terduga dan sering menyerang.

Tulang Rapuh
Tulang akan berhenti tumbuh di usia 30 tahun. Kekurangan vitamin D dapat memicu terjadinya masalah tulang, seperti osteoporosis. Tanda yang mungkin akan Anda rasakan adalah rasa sakit dan tidak nyaman di sekitar tulang, hingga akhirnya Anda menemukan bahwa tulang menjadi rapuh.

Nyeri Tulang dan Sendi
Kekurangan vitamin D adalah salah satu hal yang dapat menyebabkan penyakit osteomalasia. Osteomalasia adalah kelainan pada tulang yang menyebabkan tulang menjadi lunak sehingga mudah patah. Gejala penyakit ini yaitu penurunan berat badan, kesulitan menelan makanan, kelemahan otot, nyeri tulang yang menyebar, terutama pada daerah pinggang dan paha, dan perubahan bentuk pada tulang punggung dan anggota gerak (lengan dan tungkai).

Suasana Hati Buruk
Tanda lain bahwa Anda kekurangan vitamin D adalah suasana hati yang buruk, bahkan depresi. Hal itu terjadi karena vitamin D berkaitan dengan hormon serotonin, yaitu hormon yang mempengaruhi suasana hati. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search