TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Pendidikan

Universitas Ma Chung Hadirkan Peneliti Internasional dalam MIC Chroma

10/10/2017 - 12:26 | Views: 3.97k
Prof.Dr.Hian Kee Lee saat memberikan paparan materi Kromatografi saat diadakan seminar MIC-Chorma di IjenSuite, Malang 10/10/2017. (OTO : Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, MALANG – Universitas Ma Chung menggelar Ma Chung Internasional Conference on Chromagraphy (MIC CHROMA), Selasa (10/10/2017), di Hotel Ijen Suites Resort and Convention, Kota Malang, Jawa Timur.

Kegiatan yang diikuti oleh 130 peserta ini, berkolaborasi dengan  Univesitas Shimadzu dan Himpunan Kimia Indonesia dengan menghadirkan berbagai peneliti dari berbagai penjuru dunia.

"Kami berbagi berbagai ilmu mulai dari hasil penelitian dan mendatangkan pembicara dari universitas luar negeri. Salah satunya, dari NUS Singapura dan Universitas Shimadzu Jepang," kata Dr. Eng. Leny Yuliati S.Si M.Eng, ketua panitia pada TIMES Indonesia, Selasa (10/10/2017).

Leny mengatakan konferensi pertama yang berfokus pada topik kromatografi dan aplikasinya yang dilakukan oleh Ma Chung Research Center for Photosynthetic Pigments (MRCPP), Universitas Ma Chung Malang. MRCPP telah berkomitmen untuk kemajuan sains dan teknologi, terutama mengenai pengembangan bahan aktif pigmen untuk berbagai aplikasi seperti teknologi makanan, analisis, sensor, dan energi.

Ma-Chung-CoGMsq.jpg

Leny mengatakan, dalam MIC-Chroma ini, akan dibahas berbagai topik chromatography dan aplikasinya di berbagai bidang, seperti lingkungan, petrokimia, katalisis, nanoteknologi, teknologi pangan, ilmu tanaman, analisis forensik, profil metabolisme, diagnosis klinis, farmasi, biomedis, biopharmacy, dan lain-lain.

"Topik chromatography ini tidak hanya mencakup yang modern, tetapi juga terbuka untuk metode konvensional seperti kolom, planar , kertas, dan kromatografi lapis tipis (KLT). Teknik pemisahan lainnya juga diterima. Sehubungan dengan konferensi tersebut, satu hari lokakarya tentang kromatografi akan dilakukan sebagai lokakarya kolaborasi dengan Shimadzu (Asia Pacific) Pte. Ltd," terangnya.

Ma-Chung-BTsOh.jpg

Leny juga mengungkapkan dalam kegiatan ini peserta dapat memperdalam pengetahuan mereka tentang kromatografi dan spektrometri massa. Salah satunya dengan menggunakan gas chromatography (GC) and gas chromatography-mass spectrometry (GC-MS) atau liquid chromatography (LC) and liquid chromatography-mass spectrometry (LC-MS).

Ma-ChungipFx.jpg

Untuk diketahui, saat ini Chroma merupakan teknik separasi suatu produk natural, atau senyawa. Dalam kajian ini, akan dibahas perkembangan kemajuan metode ini, seperti dengan adanya pengunaan holo fiber micro dalam ekstrasi untuk chotoa yang ada.(*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search