TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita
Majestic Banyuwangi

Banyuwangi Fish Market Festival Giring Pasar Ikan jadi Obyek Wisata

03/10/2017 - 12:08 | Views: 5.91k
Wabup Yusuf memperlihatkan ikan yang dijual di Banyuwangi Fish Market Festival (Foto: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menggelar Fish Market Festival (FMF) di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Satelit Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (3/10/2017).

Selama lomba, puluhan peserta yang merupakan penjual ikan dituntut memiliki lapak yang rapih, bersih dan bersikap yang baik. Diharapkan tak hanya di hari festival saja, kondisi bersih, rapih dan sikap penjual yang baik dipertahankan setiap hari sehingga pasar ikan Muncar merambah ke sektor pariwisata.

Kepada TIMES Indonesia, Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko mengatakan festival itu juga ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan.

"Yang kita harapkan ikan yang dihasilkan nelayan melimpah dan penjualannya semakin lancar," kata Wabup Yusuf setelah berkeliling ke lapak-lapak ikan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Pangan (Disperipangan) Banyuwangi Hary Cahyo Purnomo mengatakan pihaknya memang bermaksud menggiring pasar ikan dan kegiatan nelayan sebagai tujuan wisata baru di Banyuwangi.

"Bahwa Banyuwangi punya potensi 75,8 kilometer garis pantai, maka kami gelar gerakan dengan konsep minalestari menuju ekowisata," kata Hary.

Dia menambahkan pola pikir masyarakat nelayan harus diubah, sehingga tidak hanya bertujuan menangkap ikan dan menjualnya saja. Perubahan yang dimaksud ialah kepedulian pada sanitasi lingkungan dan penyambutan terhadap tamu.

"Kalau perahu kita bersih, pelabuhan bersih, pasar ikan bersih, tidak hanya ikan yang kita dapatkan, tetapi juga wisatawan. Tidak hanya rupiah dari menjual ikan, tetapi juga dolar dari pelancong asing yang ikut melaut," ujar Hary di depan masyarakat nelayan Muncar.  

Digelar juga dalam festival itu lomba bakar ikan dan lomba tumpeng dengan lauk ikan laut. Ia berharap minat masyarakat akan olahan ikan laut meningkat sehingga penjualan ikan laut nelayan juga naik. (*)

Jurnalis :
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search