TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Sering Bangun Kesiangan? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

03/10/2017 - 06:46 | Views: 10.64k
ILUSTRASI. Bangun tidur kesiangan. (Foto: healthtoday.com)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Tahukah Anda jika kebiasaan sehari-hari ternyata bisa mempengaruhi kebiasaan bangun tidur kita. Pakar kesehatan menyebutkan ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang tidak diduga membuat kita cenderung susah untuk bangun pagi seperti sebagai berikut, dilansir dari Dokter Sehat.

Malas-malasan saat Akhir Pekan
Banyak orang yang sengaja bermalas-malasan di akhir pekan dan tidur dengan lebih lama sebagai cara untuk mengatasi rasa lelah setelah bekerja dengan keras di hari kerja. Sayangnya, kebiasaan ini ternyata bisa mengganggu jam biologis dan siklus tidur yang akhirnya membuat kita kesulitan untuk bangun pagi di hari kerja. Pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk tidur dengan jam yang teratur setiap hari, meskipun itu adalah hari libur, yang jauh lebih baik bagi jam biologis tubuh.

Tidur Lagi Setelah Alarm Menyala
Cukup banyak orang yang sengaja memencet tombol snooze pada alarmnya karena ingin tidur sebentar lagi. Beberapa orang juga sengaja memasang alarm di waktu yang berdekatan di pagi hari. Tak disangka, kebiasaan ini ternyata bisa mengganggu siklus tidur kita dan akhirnya kita pun merasakan sensasi sangat lelah saat bangun tidur.

Makan Tidak Teratur
Kebiasaan makan tidak teratur ternyata juga bisa menyebabkan gangguan siklus tidur. Hal ini akan membuat kita sulit untuk bangun pagi dan saat terbangun, tubuh juga merasa sangat lelah. Sebagai contoh, kita terbiasa makan atau ngemil makanan manis sebelum tidur yang bisa memicu peningkatan hormon kortisol pada tubuh. Adanya hormon inilah yang akhirnya mengganggu siklus tidur kita.

Memakai Gadget Sebelum Tidur
Kebiasaan memakai gadget sebelum tidur tanpa disadari membuat kita mengalami masalah kurang tidur. Cahaya dari layar gadget atau televisi bisa membuat kita tidak kunjung mengantuk. Tak hanya itu, jika kita tidur dengan lampu masih menyala, kualitas tidur juga akan menurun sehingga kita pun sulit untuk bangun pagi.

Kamar Berantakan
Kamar yang berantakan, kotor, dan berdebu membuat tidur menjadi tidak nyaman dan akhirnya menurunkan kualitas tidur. Tubuh pun akan menagih kita untuk beristirahat dengan lebih lama sehingga kita pun akan kesulitan untuk bangun pagi. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search