TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

SMKN 2 Kota Probolinggo Santuni Puluhan Pelajar Yatim

30/09/2017 - 12:57 | Views: 4.81k
Kepala SMKN 2 Kota Probolinggo saat memberikan santunan kepada siswa yatim/piatu. (Foto: Iqbal/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, PROBOLINGGO – Momentum 10 Muharram 1439 Hijriyah, dimanfaatkan Badan Amil Zakat (BAZ) SMKN 2 Kota Probolinggo, Jawa Timur, untuk menyantuni 85 pelajar yatim/piatu, Sabtu (30/9/217) pagi. 

Dana bantuan dihimpun dari guru dan karyawan SMKN 2. "Ini murni bantuan guru dan karyawan, tidak ada dari luar. Ada usul (agar ada penerima, Red) dari luar, tapi di dalam juga banyak," kata Kepala SMKN 2 Kota Probolinggo, Sunardi.

Ke depan, pemberian santunan akan terus dilakukan secara berkelanjutan. Tak hanya yatim/piatu, pelajar yang tidak mampu secara ekonomi akan diberi santunan. "Mungkin nanti bisa dua kali setahun, lebih-lebih kalau kita dapat CSR (Corporate Social Responsibility)," katanya.

Bantuan-JP-2RX1aF.jpgPelajar yatim/piatu mengisi paraf penerimaan santunan (Foto: Iqbal/TIMES Indonesia

Sekolah berharap, dana santunan digunakan sebaik mungkin. Pelajar yatim/piatu diminta tidak pesimis meski tidak punya orang tua. Sebab, kesuksesan tidak melihat ada atau tidaknya orang tua, tetapi kerja keras. "Yatim piatu harus jadi teladan," ujar Sunardi.

Di hadapan pelajar yatim/piatu, Sunardi menyatakan bahwa orang yang akan memimpin negeri ini adalah yang punya karakter, yang jujur, yang taat beragama, dan yang punya komitmen. Karenanya, ia meminta pelajar tak meniru gaya hidup bebas, yang kehilangan masa depan.

"Hindari hal-hal seperti itu, dekat pada Allah, cinta pada rasul. Dengan begitu, dengan berjalannya waktu, kita akan menjadi pemimpin," katanya memberi pencerahan.

Acara santunan juga dihadiri Ketua BAZ SMKN 2 Kota Probolinggo, Suwito; Bendahara BAZ, Wiji Hartatik, dan beberapa guru. Ada pula Asnawi (guru agama), Misjoni, Mistari.

Di saat yang sama, Suwito menyatakan, BAZ tak hanya memberikan santunan saat 10 Muharram. Badan ini juga memberi bantuan pakaian, dan alat sekolah kepada pelajar. Tak hanya pelajar SMKN 2, tapi juga pelajar lembaga pendidikan lain.

Berbeda dengan tahun lalu, BAZ SMKN 2 Kota Probolinggo dikelola secara mandiri sejak jenjang pendidikan SMA/SMK/Sederajat dikelola Pemprov Jatim. Dalam sebulan, lembaga ini menghimpun sekitar Rp 4,2 juta. (adv)

Jurnalis : Muhammad Iqbal
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search