TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Bupati Anas: Kreativitas Peserta Harus Muncul dalam Festival Hadrah Banyuwangi

10/06/2017 - 18:40 | Views: 13.37k
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas membuka Festival Hadrah Banyuwangi 2017. (Foto: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Kreativitas peserta harus muncul saat tampil di Festival Hadrah Banyuwangi 2017. Pasalnya, acara itu memang digelar Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk meningkatkan kreativitas pelajar bermusik dengan nuansa religi.

Kepada TIMES Indonesia, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan acara ini juga sebagai sarana konsolidasi dan silahturahmi antar pelajar.

Sebanyak 152 grup pelajar dari tingkat SMP/MTs hingga SMA/MA dari 25 daerah unjuk kebolehan di halaman kantor pemkab Banyuwangi, selama dua hari, mulai hari ini, Sabtu (10/6/2017).

“Festival ini juga bisa menumbuhkan semangat bagi anak-anak muda untuk terus berkarya, mereka bisa menyalurkan dan mengeksplore bakat musik islaminya di ajang ini,” kata Anas ketika membuka Festival.

Apalagi potensi bermusik hadrah di lingkungan pelajar saat ini mulai cukup besar. Kesenian hadrah merupakan salah satu kesenian khas islami yang selalu mendapat tempat di hati umat Islam.

Seni ‘terbang’ yang berirama menghentak, rancak, dan variatif membuat kesenian menjadi alternativ baru bagi anak muda dalam bermain musik.

Hingga detik ini, hadrah yang berasal dari kota Banjar ini mulai banyak diminati pelajar dan bahkan menjadi ekskul di sekolah-sekolah, pondok pesantren maupun sejumlah perguruan tinggi.

Grup hadrah Jampiro (Jamiyah Pecinta Rasullulloh) dari SMAN I Glagah Banyuwangi membawakan 2 lagu islami, yakni Nurul Aini dan Habibi Ya Rasullulloh.

“Alhamdulilah, kami bisa memberikan yang terbaik. Biasanya kami hanya menggunakan terbang dan bass, tapi untuk kali ini kami tambah simbel dan bass biar lebih bagus. Mudah-mudahan bisa menang,” kata Izzul Haque, vokal grup hadrah Jampiro. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Syamsul Arifin
Editor : Yatimul Ainun
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search