TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Kopi TIMES

Inspira Class by Merry Riana Group: Wanita Muslim dan Suaranya

15/08/2019 - 08:02 | Views: 17.50k
Inspira Class by Merry Riana Group

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Inspira Class adalah bagian dari Merry Riana Group yang membuat event rutin satu bulan sekali bersama tamu-tamu inspiratif yang akan membagikan perjalanan hidupnya, bisnis, karir, relationship, entertainment, pendidikan dan lainnya. Program ini sangat inspiratif. Yuk simak program-programnya, hanya di TIMES Indonesia.

*

Sebagai seorang wanita muslim, menutup aurat memang adalah bentuk dari kewajiban. Tapi sebagai manusia, bersuara untuk suatu kebenaran juga adalah bentuk dari keberanian . Sakdiyah Ma’ruf adalah salah satu dari sedikit manusia di Indonesia yang melaksanakan keduanya.

Pada tahun 2018, BBC merilis daftar 100 perempuan inspiratif dan berpengaruh di dunia. Dari semua nama yang ada, terdapat seorang wanita keturunan Arab Hadrami dari Indonesia yang berhasil menduduki peringkat ke-54. Dan wanita tersebut adalah Sakdiyah Ma’ruf.

Sakdiyah Ma’ruf dikenal sebagai perempuan komedi tunggal muslim pertama dari Indonesia, yang dikenal berani untuk mengkritisi isu di seputar agama Islam dan ketidakadilan pada kaum perempuan yang dikemas dalam bentuk komedi.

Pada awalnya, Sakdiyah tidak pernah bermimpi untuk tampil di berbagai panggung sebagai seorang Stand-up Comedian. Bahkan namanya yang dikenal setelah mengikuti acara Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) Kompas TV jilid pertama, juga tidak pernah diprediksinya sama sekali. Tapi kecintaannya pada Stand-up Comedy justru mulai dibentuk dari pada saat menonton DVD Robin Williams di usianya yang ke-27.

Sedangkan untuk kritik yang selalu dibungkus oleh Sakdiyah dalam bentuk komedi ternyata memiliki alasan tersendiri dibaliknya. Dalam video berjudul “The Best Coward | Sakdiyah Ma’ruf | TEDXUbud”, Sakdiyah menceritakan bahwa dia lahir di tengah lingkungan konservatif dan bagaimana caranya bertahan dalam lingkungan tersebut. 

Di dalam video tersebut juga, Sakdiyah menjelaskan bahwa komedi adalah salah satu dari sejumlah alternatif yang efektif dalam menyampaikan keresahannya atas isu seputar lingkungan masa kecilnya.

Tapi sebetulnya tidak berbeda dengan perempuan lainnya. Sakdiyah tetap merasa bahwa dirinya adalah perempuan biasa yang juga terkadang dapat merasakan perasaan takut. Selain itu, dia tidak pernah merasa dirinya layak untuk memberikan inspirasi kepada orang-orang. 

Karena walaupun mendapat penghargaan sebagai pelawak tunggal perempuan muslim pertama di Indonesia, Sakdiyah mengaku bahwa dia bukan sosok yang layak untuk menjadi representasi dari agamanya sendiri.

Pada akhirnya, arus konservatisme dan fanatisme di Indonesia akan selalu terjadi. Tapi itu bukan berarti Sakdiyah akan berhenti untuk bersuara demi kebenaran. Oleh karena itu, Sakdiyah sangat antusias untuk diundang ke berbagai acara demi menceritakan mengenai karir, keresahan, hubungan dengan keluarganya, pendidikan dan juga pengalaman unik selama menjalani karirnya. Salah satu acara yang akan dihadiri oleh Sakdiyah adalah Inspira Class.

Inspira Class sendiri adalah bagian dari Merry Riana Group yang mengadakan event secara rutin satu bulan sekali yang medatangkan TOP speaker tamu-tamu inspiratif yang akan membagikan perjalanan hidupnya, bisnis, karir, relationship, entertainment, pendidikan dan lainnya.

Di acara Inspira Class, Sakdiyah akan hadir untuk membicarakan tentang berbagai hal dan penonton juga diberikan kesempatan untuk bertanya langsung ke Sakdiyah Ma’ruf.

Apakah masih ada waktu atau kesempatan lain yang tersedia untuk bertemu dengan Sakdiyah Ma’ruf ? Tentunya kesempatan yang serupa akan sangat mustahil untuk datang dua kali. Sehingga sayang sekali jika kesempatan untuk mendengarkan cerita dan dapat bertanya langsung ini dilewatkan begitu saja.

Maka itu, tidak ada salahnya untuk segera mengambil tindakan dengan cara mendaftar di nomor yang tertera di dalam poster! Karena kesempatan yang serupa tidak akan pernah datang untuk kedua kalinya. Persembahan Inspira Class bagian dari Merry Riana Group. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis :
Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rizal Dani
Copyright © 2019 TIMES Banyuwangi
Top

search Search