TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Olahraga Sebelum Tidur, Baik atau Buruk?

17/08/2019 - 01:11 | Views: 18.33k
ILUSTRASI - Olahraga Sebelum Tidur. (FOTO: hanaviktorija.com)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Kesibukan yang padat dari pagi hingga sore hari membuat orang tidak mempunyai waktu untuk olahraga. Tak jarang juga yang memilih olahraga di malam hari. Sebenarnya, olahraga sebelum tidur di malam hari baik atau tidak?

Pada dasarnya, Anda boleh melakukan kegiatan olahraga sebelum tidur di malam hari, selama olahraga tersebut tidak mengganggu pola dan siklus tidur Anda. Namun jika memiliki gangguan tidur tertentu, Anda tidak disarankan untuk melakukannya.

Dulunya, para pakar tidak merekomendasikan olahraga di malam hari demi menjaga kebersihan tubuh sekaligus kualitas tidur yang baik.

Namun penelitian terbaru dari Institut Teknologi Konfederasi Zürich menyatakan bahwa olahraga di malam hari boleh saja untuk dilakukan. Tidak hanya itu, olahraga sebelum tidur justru berguna untuk membantu Anda agar dapat tidur pulas dengan lebih cepat dan durasi tidur nyenyak yang lebih lama.

Meski demikian, tetap ada syarat yang harus dipenuhi. Anda harus menghindari jenis olahraga yang sangat melelahkan atau berintensitas tinggi, setidaknya satu jam sebelum tidur.

Pasalnya, ketika berolahraga pada waktu kurang dari satu jam sebelum tidur, Anda akan butuh waktu lebih lama untuk tertidur dan kualitas tidur menjadi buruk.

Beberapa olahraga yang bisa menjadi pilihan untuk dilakukan di malam hari antara lain yoga, pilates, dan peregangan otot. Olahraga ini tergolong olahraga ringan yang tidak menguras banyak energi. Anda tertarik melakukan olahraga sebelum tidur? (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Copyright © 2019 TIMES Banyuwangi
Top

search Search