TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Ibu Hamil Malas Bergerak? Waspadai Bahayanya untuk Kesehatan

17/08/2019 - 04:06 | Views: 18.50k
ILUSTRASI - Ibu Hamil. (FOTO: Shutterstock)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Perut yang semakin membesar membuat ibu hamil menjadi malas bergerak. Alasannya karena badan sudah terasa berat. Tahukah Anda malas bergerak saat hamil bisa berdampak buruk untuk kesehatan?

Berikut adalah beberapa bahaya ibu hamil malas bergerak, dilansir dari Dokter Sehat.

1. Meningkatkan denyut jantung

Bahaya ibu hamil malas bergerak yang pertama adalah menimbulkan komplikasi seperti peningkatan tekanan darah dan denyut jantung. Kondisi ini tidak hanya memengaruhi kesehatan ibu tetapi juga kondisi janin.

2. Meningkatnya berat badan

Meningkatnya berat badan selama kehamilan adalah sesuatu yang normal, namun ibu hamil malas bergerak lebih mungkin akan mengalami peningkatan berat badan yang berlebihan dan lebih sulit untuk kembali ke berat badan normal usai persalinan.

3. Masalah pencernaan

Gangguan kehamilan lainnya yang bisa dialami ibu hamil adalah munculnya masalah pencernaan. Dengan kondisi perut yang membesar dan meningkatnya berat badan, otomatis hal ini akan membuat ibu hamil malas bergerak. Kondisi ini berisiko meningkatkan ibu hamil susah buang air besar selama kehamilan.

4. Cepat lelah saat persalinan

Malas bergerak saat hamil bisa membuat stamina ibu lebih cepat habis saat menjalani proses persalinan. Sementara ibu hamil yang aktif bergerak dapat menjaga staminya lebih prima.

5. Gangguan tidur

Bahaya ibu hamil malas bergerak berikutnya adalah mengalami gangguan tidur, seperti yang dialami oleh kebanyakan ibu hamil. Agar masalah ini tidak terjadi, oleh karenanya ibu hamil harus rutin untuk olahraga.

6. Hipertensi

Perlu diketahui, volume darah selama kehamilan bisa meningkat sebanyak 45 persen. Peningkatan jumlah darah ini, menyebabkan ventrikel kiri menjadi lebih tebal dan lebih besar karena harus bekerja keras memompa darah ekstra. Kondisi ini bisa membuat ibu hamil berisiko mengalami hipertensi.

7. Menimbulkan stres

Jika ibu hamil malas bergerak, dampak yang bisa terjadi adalah munculnya rasa gelisah hingga proses persalinan. Namun, jika ibu hamil rajin jalan santai, pembuluh darah dan otot di sekitar kepala serta leher akan mengendur. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Copyright © 2019 TIMES Banyuwangi
Top

search Search