TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Catat! Kebiasaan Ini Bisa Bikin Diet Gagal

14/08/2019 - 06:33 | Views: 38.40k
ILUSTRASI - Mengonsumsi camilan tinggi karbohidrat olahan. (FOTO: Shutterstock)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTAMenurunkan berat badan bagi sebagian orang adalah hal yang sulit. Mereka sudah mencoba berbagai cara seperti diet dan olahraga, namun tak juga berhasil. Sebenarnya metabolisme adalah faktor yang menentukan keberhasilan menurunkan berat badan. Selalu jaga metabolisme tubuh tetap stabil agar kalori yang masuk lebih sedikit daripada yang keluar. Jika tidak, inilah yang menjadi penyebab diet gagal dan Anda semakin sulit menurunkan berat badan.

Semakin cepat laju metabolisme Anda, semakin banyak kalori yang dibakar. Dengan kata lain, semakin mudah pula bagi Anda untuk menurunkan berat badan. Namun, laju metabolisme dapat terganggu oleh berbagai kebiasaan berikut sehingga menyebabkan diet yang Anda lakukan gagal. Apa saja?

1. Salah memilih jenis olahraga

Salah satu penyebab diet gagal adalah salah memilih jenis olahraga. Setiap olahraga memiliki kegunaan yang berbeda. Sekalipun dapat membakar kalori, rutinitas olahraga yang salah tentu tidak akan membawa hasil yang optimal.

Anda bisa mengatasi hal ini dengan menerapkan high intensity interval training (HIIT). Caranya, lakukan olahraga kardio, seperti berlari dan lompat tali dalam waktu singkat, yakni sekitar 10 detik hingga 5 menit sesuai jenis olahraga.

Lakukan olahraga tersebut sekuat yang Anda bisa, lalu selingi dengan istirahat. Durasi istirahat tergantung pada durasi olahraga yang Anda lakukan. Jika sebelumnya Anda berlari sprint selama 20 detik, selingi dengan istirahat selama 10 detik.

2. Tidak mencukupi asupan makanan

Mengurangi asupan makanan secara drastis justru akan memperlambat laju metabolisme tubuh. Akibatnya, jumlah kalori yang dibakar pun menjadi sedikit. Inilah yang menjadi salah satu penyebab diet gagal tapi Anda tidak menyadarinya.

Meski sedang berupaya menurunkan berat badan, usahakan untuk tetap makan. Yang harus diperhatikan justru pilihan makanannya. Pilihlah makanan alami dengan gizi seimbang seperti ikan, telur, sayur dan buah, daging rendah lemak, alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3. Mengonsumsi camilan tinggi karbohidrat olahan

Cermatlah dalam memilih camilan, jus detoks, atau produk rendah kalori yang diperuntukkan bagi orang-orang yang sedang menjalani diet. Produk-produk ini biasanya tinggi akan karbohidrat olahan dan menjadi penyebab utama diet Anda gagal.

Karbohidrat olahan dapat meningkatkan gula darah dan menurunkannya kembali dengan cepat. Kondisi ini membuat Anda mudah merasa lapar. Akibatnya, Anda cenderung makan lebih banyak sehingga mengacaukan laju metabolisme yang berlangsung.

4. Kurang tidur

Waktu tidur yang kurang juga bisa menjadi penyebab gagal diet. Selama tidur, tubuh Anda memproduksi hormon yang disebut melatonin. Hormon ini meningkatkan laju metabolisme serta lemak tertentu yang berperan dalam pembakaran energi.

Melatonin tidak bisa berfungsi secara optimal jika waktu tidur Anda kurang. Laju metabolisme akhirnya menurun drastis, begitu pula dengan jumlah kalori yang dibakar. Dampaknya, sulit bagi Anda untuk menurunkan berat badan.

Tidak ada cara mudah ataupun praktis untuk menurunkan berat badan. Anda perlu melakukannya secara perlahan, diawali dengan memahami kebiasaan apa saja yang dapat mengganggu laju metabolisme dan menghindarinya. Jika diet gagal jangan putus asa. Anda perlu mencobanya lagi hingga berhasil menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Copyright © 2019 TIMES Banyuwangi
Top

search Search