TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Lima Bahan Alami Pilihan untuk Mencerahkan Ketiak

19/03/2019 - 02:03 | Views: 59.51k
ILUSTRASI - Kulit Ketiak Cerah. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Kulit ketiak hitam tentu membuat Anda tidak percaya diri. Untuk membuat ketiak lebih cerah, ada yang rela melakukan perawatan tubuh di klinik kecantikan dengan biaya yang tak murah. Jika Anda tak ingin mengeluarkan banyak biaya, ada lho cara murah mencerahkan ketiak hitam, yakni dengan memanfaatkan bahan alami di sekitar Anda.

Dilansir dari Antara, berikut lima bahan yang dapat digunakan untuk mencerahlan kulit ketiak hitam tanpa harus ke klinik kecantikan.

1. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa curcumin yang bermanfaat mengatasi hiperpigmentasi dan mengatur produksi melanin. Curcumin memiliki efek pada hormon adrenokortikotropik (ACTH) yang disekresi oleh kelenjar hipofisis. Senyawa ini pada dasarnya membatasi sekresi sehingga stimulasi produksi melanin berkurang, dan ini menyebabkan kulit lebih terang.

Cara membuat ramuan kunyit untuk ketiak Anda yakni masukkan 5-6 sendok makan susu dingin ke dalam mangkuk yang sudah diisi 1 sendok teh kunyit. Aduk rata.

Kemudian rendam bola kapas dalam larutan dan oleskan ke ketiak Anda. Biarkan semalaman dan bersihkan besok. Lakukan ini secara teratur dan Anda akan melihat hasilnya hanya dalam seminggu.

2. Tomat dan gula

Kombinasi ini bisa membuat keajaiban bagi ketiak yang gelap. Selain memiliki sifat anti-inflamasi, tomat juga memiliki sifat mencerahkan kulit dan mampu mendetoksifikasi kulit.

Gula, di sisi lain, bisa membantu pengelupasan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Bukan rahasia lagi gula menjadi scrub alami yang efektif membersihkan kulit dan membuatnya lebih halus.

Untuk membuat scrub ketiak, potong tomat menjadi irisan tipis, lalu masukkan irisan ke dalam mangkuk gula. Usap lembut campuran gula dan tomat pada ketiak. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas.

3. Kentang

Kentang memiliki sifat asam ringan yang dapat ditoleransi ketiak. Tanaman umbi ini adalah alternatif pemutihan yang bagus.

Anda perlu mengiris tipis kentang setelah dicuci. Ambil satu potong irisan lalu pijat ketiak Anda dengannya. Gunakan irisan kentang secukupnya dan bilas setelah beberapa menit.

4. Timun

Buah ini mengandung enzim, garam alami dan vitamin yang mendorong pertumbuhan dan perbaikan sel. Timun juga merupakan sumber antioksidan yang baik dan pelemas otot dan saraf yang baik.

Timun bisa bermanfaat mengatasi ketiak yang gelap. Seperti dilansir Healthline, menggosok irisan mentimun di area gelap ketiak Anda akan membuahkan hasil. Setelah 10 menit, Anda dapat membilas ketiak dengan air dingin. Lakukan secara teratur untuk melihat hasil yang sangat baik.

5. Minyak kelapa

Menurut DIY Remedies, minyak kelapa dapat mencegah akumulasi mikroba jahat pada kulit, mendetoksifikasi pori-pori kulit, serta menghilangkan masalah kulit yang menyebabkan penggelapan.

Kandungan Vitamin E dan asam lemak jenuh dalam minyak kelapa juga menyehatkan kulit, sehingga bisa dengan mudah menyembuhkan bekas luka dan tanda gelap.

Saat menggunakan bahan alami ini, Anda hanya membutuhkan beberapa tetes minyak kelapa untuk memijat ketiak Anda. Lakukan selama beberapa menit, cuci ketiak menggunakan air hangat dan sabun ringan setelah 15 menit. Lakukan ini dua hingga tiga kali sehari agar usaha mencerahkan ketiak yang hitam cepat berhasil. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Antara News
Copyright © 2019 TIMES Banyuwangi
Top

search Search