TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ekonomi

Pemkab Bondowoso Akan Lakukan Pembinaan BUMDes agar Lebih Efektif

12/06/2019 - 18:05 | Views: 6.51k
Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BONDOWOSOPemkab Bondowoso akan lakukan pembinaan terhadap seluruh badan usaha milik desa (BUMDes), agar lebih efektif.

Hal itu disampaikan langsung oleh Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin, dalam rapat paripurna jawaban bupati atas pandangan umum fraksi, di Gedung DPRD Bondowoso, Rabu (12/6/2019).

Selin pembinaan, agar keberadaan BUMDes dapat mendukung kesejahteraan masyarakat desa, Pemkab juga akan melakukan evaluasi dan monitoring.

“Terutama terhadap jenis usaha yang direncanakan, sesuai dengan potensi desa,” kata orang nomor satu di Bondowoso tersebut.

Pada rapat sebelumnya, Selasa (11/6/2019) kemarin. Fraksi Golkar dan PPP mempertanyakan kinerja dari BUMDes di Bondowoso.

Sebagaimana dikatakan oleh juru Bicara Fraksi Golkar, Basriyanti, bahwa realitas yang ada, banyak BUMDes yang belum menunjukkan kinerja yang membanggakan.

Karena, kata dia,  jenis dan pengelolaan usaha BUMDes tidak jelas, serta berpotensi hanya untuk menggugurkan kewajiban dan menghabiskan mata anggaran dalam dana desa.  

"Sungguh sangat ironi jika alokasi serapan anggaran yang besar, tidak mampu menciptakan BUMDes yang nyata-nyata mampu menjadi penopang untuk perekonomian desa," katanya.

Maka dari itu, sebagaimana dijawab oleh Bupati Drs KH Salwa, bahwa Pemkab Bondowoso akan terus memberikan pembinaan dan monitoring terhadap seluruh BUMDes. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Bondowoso
Copyright © 2019 TIMES Banyuwangi
Top

search Search