TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Bupati Salwa: Guru Agama Harus Beri Pemahaman, Islam adalah Agama Toleran

11/09/2019 - 19:43 | Views: 1.10k
Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat memberikan sambutan di acara seminar yang diselenggarakan AGPAI (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BONDOWOSOBupati Salwa Arifin, meminta agar guru agama di Kabupaten Bondowoso, mengajarkan bahwa Islam adalah agama yang toleran.

Hal itu disampaikannya dalam acara Seminar 'Harmony dari Sekolah' yang diselenggarakan oleh Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (AGPAI) Bondowoso di Pendopo Bupati, Rabu (11/9/2019).

Menurutnya, bahwa Agama Islam itu bukan agama yang keras, intoleran atau suka teror. Justru sebaliknya, Islam adalah agama yang rahmatan lil alamin.

"Sehingga tidak ada stigma, bahwa radikalisme lahir dari Islam dan tidak lagi Islam dikenal agama kekerasan," katanya.

Dijelaskan bupati, memberikan pemahaman yang benar tentang Islam kepada generasi muda menjadi penting. Karena, generasi muda menjadi tumpuan masa yang akan datang.  

Dengan demikian, diharapkan muncul generasi muda Islam yang baik, generasi muda Islam yang kreatif, sehingga Islam muncul damai dan rahmatan lil alamiin.

AGPAI.jpg

“Alhamdulillah Bondowoso sampai saat ini masih kondusif keadaannya. Namun demikian tak bisa kemudian lengah,” ucapnya.

Bupati meminta, semua pihak melaksanakan berbagai upaya, sebagai langkah dalam menangkal paham-paham radikalisme yang menjadi momok bagi negara.

Salah satu bentuk upaya tersebut kata dia, adalah seminar yang digelar para guru Agama Islam ini.

"Saya bangga dan berterimakasih, di mana hari ini guru pendidikan agama Islam ini, bisa berkumpul di pendapa ini dalam acara seminar Harmony Sekolah," tuturnya.

Sementara tema seminar tersebut, adalah ‘Integrasi Nilai Agama dan Budaya di Sekolah dalam Menumbuhkan Harmony Kebangsaan’.

Selain Bupati Salwa Arifin, hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Syaifullah, Perwakilan Polres dan Kodim 0822 serta ratusan guru agama Islam yang tergabung dalam asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (AGPAI) Bondowoso. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Bondowoso
Copyright © 2019 TIMES Banyuwangi
Top

search Search