TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

DPR Usulkan Dewan Pengawas, Pakar Hukum UGM: Itu Melecehkan Peran KPK

11/09/2019 - 20:39 | Views: 4.01k
Pakar Tata Hukum Negara Universitas Gadjah Mada (UGM), Zainal Arifin Mochtar, dalam sebuah diskusi di gedung KPK Jakarta, Rabu (11/09/2019).

TIMESBANYUWANGI, YOGYAKARTAPakar Tata Hukum Negara Universitas Gadjah Mada (UGM), Zainal Arifin Mochtar menilai, Dewan Pengawas (DP) yang diusulkan DPR dalam draf RUU KPK merupakan bentuk pelecehan terhadap peran KPK sebagai lembaga independen Negara.

Menurutnya, DPR dalam hal ini terlalu buru-buru dalam mengesahkan RUU tersebut, sebab semua itu tentu perlu memerhatikan aspek-aspek lain yang juga harus dipertimbangkan. 

"Yang ingin kita bongkar adalah bagaimana cara pikir DPR yang mengatakan itu penguatan tapi sebenarnya itu tidak penguatan," kata Zainal kepada Wartawan di gedung KPK, Jl. Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2019).

Kemudian, dia memberikan beberapa contoh dan analogi terkait salah satu point yang menurutnya sangat tidak masuk akal tersebut. 

"Saya memberi contoh begini ketika dikatakan bahwa KPK superbody maka butuh pengawas, jadi KPK kewenangannya terlalu besar tidak boleh ada lembaga mengutip pidatonya, tidak boleh kita biarkan DP mematikan peran KPK," kata Zainal Arifin MochtarPakar Tata Hukum Negara Universitas Gadjah Mada (UGM). (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Edy Junaedi Ds (MG-57)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta
Copyright © 2019 TIMES Banyuwangi
Top

search Search