TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Formappi: Aneh Jika BPN Prabowo-Sandi Tolak Hasil Penghitungan KPU RI

15/05/2019 - 21:48 | Views: 976
peneliti Formappi, Lucius Karus. (foto: Istimewa)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTABPN Prabowo-Sandi disebut-sebut akan menolak hasil penghitungan KPU RI. Hal itu disampaikan dalam simposium bertajuk 'Mengungkap Fakta-Fakta Kecurangan Pilpres 2019' yang digelar di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019) kemarin.

Menyikapi itu, peneliti Formappi Lucius Karus mengaku heran jika wacana itu benar terjadi. Sebab, hasil penghitungan belum diumumkan secara resmi.

"Sikap BPN yang menolak hasil resmi pemilu yang belum juga diumumkan oleh KPU tentu saja aneh," ujarnya di Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Menurutnya, sikap penolakan yang ditunjukkan BPN Prabowo-Sandi itu adalah keputusan yang tidak objektif, tidak jujur dan tidak adil sebagaimana prinsip pemilu yang seharusnya.

"Keputusan yang obyektif tentu harus dibuat atas dasar data dan fakta yang sahih. Yang ditunjukkan oleh BPN justru membuat sebuah keputusan dengan fakta dan data mereka sendiri," tukasnya.

Lebih lanjut, Lucius menilai kubu 02 itu tengah khawatir dan takut akan kekalahan. Apalagi, KPU RI merupakan institusi resmi yang diatur dalam Undang-undang untuk menyelenggarakan pemilu.

"Karena dilindungi oleh UUD (Undang-Undang Dasar), maka kerja mereka harus dihargai hingga akhir. Penolakan atas hasil kerja mereka selalu mungkin untuk dilakukan setelah mereka selesai menyampaikan hasilnya," ungkap Lucius.

Sebelumnya, BPN Prabowo-Sandi mengatakan jika tak ada tindakan hukum terkait dugaan kecurangan yang mereka temukan, maka mereka akan menolak hasil penghitungan KPU RI terkait hasil pemilu 2019.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Rahmi Yati Abrar
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta
Copyright © 2019 TIMES Banyuwangi
Top

search Search