TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Tangkal Berita Hoaks Lewat Penguatan Literasi

06/12/2018 - 22:20 | Views: 21.11k
Stella Dia Tatung (FOTO: Amelia For TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Kabar bohong atau berita hoaks dengan mudahnya ditemukan di media sosial. Dengan kecepatan dunia informasi dan digital seperti sekarang ini, masyarakat cenderung mudah mempercayai hal-hal yang belum tentu kebenarannya.

Untuk mencegah berkembangnya hoaks, dibutuhkan minat membaca dengan ketelitian yang tinggi oleh masyarakat.

“Baru membaca judul saja orang kadang sudah percaya. Padahal, isi tulisan atau beritanya seringkali tidak memenuhi unsur kebenaran atau kaidah jurnalistik. Disebar sana-sini, dari grup ke grup, dan seterusnya. Jadilah seperti teori propaganda, kebohongan yang dikerjakan berulang-ulang akan diterima sebagai kebenaran,” ujar Caleg DPRD Provinsi Sumatera Selatan dari PDIP, Stella Dia Tatung melalui keterangan tertulisnya kepada TIMES Indonesia, Kamis (6/12/18).

Atas hal tersebut, tokoh perempuan yang juga seorang pengusaha Sumsel ini bertekad untuk mendorong tumbuhnya minat baca yang tinggi di kalangan masyarakat, khususnya kaum perempuan Sumsel yang jadi fokus perhatiannya sejak awal.

“Dengan mendorong tumbuhnya minat baca kaum perempuan, termasuk juga ibu-ibu, kita tidak hanya mencegah sebaran hoaks, namun membangun peradaban Sumsel yang lebih maju dan bermutu. Sebab perempuan adalah madrasah pertama dari anak-anak. Sampai terus berjalan dari generasi ke generasi,” jelas Stella.

Ditegaskannya, menyebarkan berita hoaks merupakan tindakan yang sangat merugikan masyarakat dan pelakunya. Sebab pelaku bisa dapat dipidana dengan Undang Undang No 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) terutama Pasal 27 ayat 1 dan 3. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Alfi Dimyati
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta
Copyright © 2018 TIMES Banyuwangi
Top

search Search