TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Canggihnya Pelayanan Digital Simade yang Dikembangkan Kecamatan Batu

23/10/2018 - 23:02 | Views: 25.36k
Pemerintah daerah kini mulai memberikan pelayanan digital. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BATUPelayanan digital terus dikembangkan di Batu, Jawa Timur. Kecamatan Batu mengembangkan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Desa yang disingkat Simade.

Sistem ini bisa memudahkan masyarakat dalam pengurusan 34 item pelayanan, seperti surat nikah, surat kematian, akta kelahiran, KK hingga surat pindah cukup melalui smartphone.

Akses sistem ini pun terintegrasi langsung dengan desa/kelurahan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batu.

“Tinggal download melalui playstore, pilih Simade Layanan Mandiri, warga Kecamatan Batu bisa memanfaatkannya,” ujar Camat Batu Aries Setiawan, Batu, Selasa (23/10/2018).

Aplikasi Simade menurut Aries aman dan masyarakat tidak bisa menyalahgunakannya. Selain itu aplikasi ini menghemat waktu dan mengurangi antrian, karena proses administrasi bisa diisi melalui android.

Simade bisa digunakan mencetak surat-surat dengan cepat dan akurat, mengolah statistik penduduk, dan menyalin laporan bulanan secara otomatis.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko memberi apresiasi terobosan pelayanan digital ini. Namun ia mengingatkan agar diimbangi dengan penyiapan SDM.

“Semoga bisa terintegrasi dengan Smart City, sehingga pelayanan bisa lebih efisien, pelayanan berkualitas, dan prima,” ujarnya.

Ia berharap pelayanan digital Simade program inovasi Kecamatan Batu ini bisa menjadi embrio pelayanan prima di era masa kini. (*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Batu
Copyright © 2018 TIMES Banyuwangi
Top

search Search