TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Di Kedawung Cirebon, Sandi Bikin Emping Melinjo

11/10/2018 - 20:19 | Views: 15.12k
Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga  Salahudin Uno. (FOTO: Sugeng For TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, CIREBON – Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno, mendatangi UMKM pembuat Emping Melinjo, di Desa Tuk Kecamatan Kedawung, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (11/10/2018). 

Kedatangan Sandi di Desa tersebut, membuat warga histeris. Sepanjang gang menuju ke lokasi, ratusan warga  berebut untuk berswafoto atau sekedar bersalaman. 

Bahkan seorang ibu sangat histeris setelah berfoto dan bersalaman dengan cawapres yang didukung Gerindra, PKS, PAN, Demokrat dan Berkarya tersebut. 

"Ya Allah, ganteng banget,” ucapnya dengan logat cirebonan yang kental. 

Sesampainya di tempat pembuatan emping yang dikelola pasangan Endi dan Nancy. Sandi terkesima melihat tempat pembuatan emping yang jadi oleh-oleh khas Cirebon. Sebab, ternyata dapur pembuatan Emping begitu sederhana. Melinjo dibakar dengan pasir di atas tungku. Lalu biji melinjo yang sudah matang dibuka kulitnya dan ditumbuk. 

“Saya mau coba bikin emping,” kata Sandi. Dia pun duduk dam mulai memukul biji melinjo demgam alat seperti palu seberat 2,5 kg. Berapa kali biji melinjo melejit karena kurang presisi. 

“Susah ternyata bikin emping,” Kata Sandi yang akhirnya berhasil menumbuk melinjo hingga pipih. Satu emping berukuran sedang menghabiskan empat  sampai lima   melinjo. 

Pada kesempatan itu, Sandi mengaku kagum dengan semangat Endi dan Nancy, sebab, meski usahanya kecil namun dapat menciptakan lapangan kerja warga sekitar.

“UMKM seperti ini yang bisa mensejahterakan masyarakat sekitarnya. Saya kagum dengan pasangan Pak Endi dan Bu Nancy yang menghidupi keluarga para pekerja pembuat Emping Melinjo ini. Meski kecil, tapi sudah menciptakan lapangan kerja,” jelas Sandiaga Uno. (*)

Jurnalis : Ahmad Alfi Dimyati
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Copyright © 2018 TIMES Banyuwangi
Top

search Search