Peristiwa - Nasional
Sail Moyo Tambora 2018, Pemda NTB : Kami Siap Terima Wisatawan
16-07-2018 - 23:35 | Views: 2.83k
Peluncuran Sail Moyo Tambora 2018. (FOTO: Alfi Dimyati/TIMES Indonesia)
Peluncuran Sail Moyo Tambora 2018. (FOTO: Alfi Dimyati/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Sekretaris Pemerintah Daerah (Sekda) NTB, Rosyadi H. Sayuti memastikan pihaknya telah siap menyambut wisatawan yang ingin menikmati Sail Moyo Tambora 2018 di daerahnya.

"Saat ini semua event sudah kita tetapkan dan sudah dipersiapkan dengan baik mulai dari ceremony pada tanggal 9 September nanti," katanya saat peluncuran Sail Moyo Tambora di Jakarta, Minggu (15/7/2018).

Selain Seremonial Sail Moyo Tambora, Pemda NTB juga menyertakan berbagai pertunjukan lainnya, seperti Festival Budaya, Parade olahraga, kesenian, dialog dan juga forum investasi serta seminar internasional.

"Kegiatan olahraga tradisional seperti karapan kerbau, pacuan kuda dan kegiatan internasional competition lainnya," tambah dia.

Senada dengan Sekda NTB, Bupati Sumbawa, M Husni Djibril juga mengatakan pihaknya telah menyiapkan segala sesuatunya untuk menyambut wisatawan yang datang ke acara Sail Moyo Tambora ini.

"Kami sudah mulai siap-siap untuk berbenah dan bahkan saya tadi dari pantauan pesawat itu tempatnya sudah sangat bersih lautnya dan insya Allah kami akan jaga ini sampai acara berlangsung," katanya.

Kemudian, kata dia, dari segi koordinasi dan sosialisasi juga sudah dilakukan. Tak hanya itu saja, bahkan untuk mengantisipasi membludaknya jumlah wisatawan dan penuhnya kamar hotel. pihaknya mengaku hal itu sudah diantisipasi lebih dahulu.

"Untuk mengantisipasi kekurangan kamar hotel maka kami akan mempersiapkan bagi rumah-rumah yang layak dihuni ini akan ubah bentuknya jadi home stay," katanya.

Sementara itu, Bupati Bima, Hj. Dinda Damayanti Putri mengaku telah menginstruksikan jajarannya untuk menyambut wisatawan yang datang ke acara Sail Moyo Tambora 2018.

Tak hanya itu saja, Bupati perempuan ini juga bakal memamerkan Budaya dan Potensi Wisata di daerahnya.

"Tentunya kami kabupaten dan kota yang ada di pulau Sumbawa ikut menyajikan baik itu mengikuti kegiatan pameran festival budaya tapi yang utama adalah kami ikut menerima dan mengenalkan budaya kami menerima secara resmi rombongan yang memang melewati perairan di wilayah kami," katanya.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata, Dadang Rizki Ratman memprediksi, nantinya Sail Moyo Tambora 2018 ini bakal kebanjiran wisawatan dan ekonomi masyarakat bisa tumbuh.

"(Ini) bisa meningkatkan pendapatan masyarakat lokal setempat karena apa? Karena sudah menjadi kebiasaan para wisatawan yang datang ke suatu daerah pasti akan makan, minum dan menginap di sana," katanya.

Oleh karena itu, dia kembali meminta kepada Pemerintah daerah untuk terus bersinergi dan bahu-membahu melancarkan acara tersebut. "Mari kita sama-sama promosikan," ajaknya.

Melihat optimisme kepala daerah di NTB ini, Sekretaris Menteri Koordinator Kemaritiman, Agus purwoto pun semakin yakin bahwa NTB sudah siap menggelar acara internasional.

"Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, NTB sudah siap untuk event-event internasional," tukasnya.

Turut Hadir dalam acara tersebut yakni, Wakil Gubernur NTB, Mohammad Amin, Sekretaris Kementerian Koordinator Kemaritiman, Agus Purwoto, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata, Dadang Rizki Ratman, Sekda NTB, Rosyadi H. Sayuti.

Kemudian juga hadir dalam acara launching Sail Moyo Tambora 2018 itu, Bupati Sumbawa, M Husni Djibril, Bupati Bima, Hj. Dinda Damayanti Putri, Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Mohammad Faozal dan Anggota DPD RI dari Provinsi NTB serta beberapa Anggota DPR dari Dapil NTB. (*)

Pewarta
: Alfi Dimyati
Editor
: Faizal R Arief
Publisher
: