Pendidikan
Porsemanas 1 Dibuka Presiden RI di Unisma Malang, Peserta Nginap di UIN Malang
13-07-2018 - 09:33 | Views: 4.47k
Kampus Unisma Malang. (FOTO: unisma.ac.id)
Kampus Unisma Malang. (FOTO: unisma.ac.id)

TIMESBANYUWANGI, MALANGPorsemanas 1 (Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif Nasional) Ke-1 di Kampus UIN Malang dan Unisma Malang, Jatim, tinggal menunggu hari. Pekan olahraga dan seni ini dilaksanakan pada 23-27 Juli 2018. Temanya  Menyiapkan Generasi Emas 2030.

Menurut rencana, Porsemanas 1 akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo di Gedung Bundar Unisma Malang. Selain itu juga dihadiri Menpora RI Imam Nahrawi, Ketua Umum PBNU Prof KH Said Aqil Siroj, akademisi NU, dan para ulama.

’’Sebelum pembukaan, peserta Porsemanas akan dikirab dari kampus UIN Malang ke Unisma. Jaraknya seitar 1.500 meter,’’ ujar Ketua Panitia Pelaksana Porsemanas 1 Dr Sutaman kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id).

Karnaval peserta ini sebagai bentuk pengenalan seluruh peserta kepada publik. Apalagi mereka berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Untuk diketahui, even tingkat nasional ini, akan diikuti oleh MTs/SMP dan MA/SMK/SMA utusan dari LP Maarif seluruh Indonesia. Mereka akan mengikuti lomba di 9 cabang olahraga dan 10 cabang kesenian. TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id) menjadi media partner even nasional di lingkungan LP Ma’arif NU yang baru kali pertama digelar ini.

Ada 9 cabang olahraga dan 10 cabang kesenian yang akan dijalani peserta. Masing-masing untuk cabang olahraga adalah senam pagar nusa, volley, lari 1000 m, lari 100 m, catur, bulutangkis, senam Islam Nusantara, tenis meja, dan futsal.

Sedang untuk cabang seni meliputi qasidah modern, cerdas cermat Aswaja, pidato Bahasa Arab, musabaqah syahril Quran, musabaqah tilawatil Quran, video pendek, paduan suara, kaligrafi, pidato Bahasa Inggris, dan puisi religi.

’’Ini untuk mendukung semua kegiatan lomba. Karena itu kami menjalin kerjasama dengan beberapa instansi di Malang Raya sebagai kegiatan perlombaan,’’ jelas Sutaman.

Beberapa instansi yang digandeng itu antara lain Gedung Gajayana, Unisma Malang, UB Malang, Polinema, dan Universitas Negeri Malang.

Sedang pembukaannya dilaksanakan di Unisma Malang pada Senin, 23 Juli pukul 13.00. Seluruh peserta Porsemanas 1 akan menginap di Ma’had UIN Malang. (*)

Pewarta
: Imadudin Muhammad
Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Rochmat Shobirin