Politik
Pilpres 2019
Soal Cawapres Jokowi, Mendagri RI: Saya TNI Saja, Taat Nurut Intruksi
12-07-2018 - 20:16 | Views: 2.41k
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTAMendagri RI Tjahjo Kumolo memilih TNI menanggapi siapa yang pantas mendampingi Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019.

Namun, TNI yang dimaksud menteri asal PDI Perjuangan itu bukan kepanjangan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI). Dia memiliki makna sendiri.  

"Saya sebagai pembantu Pak Jokowi, saya TNI saja, yakni taat, nurut, instruksi (TNI) apa nanti yang sudah jadi pilihan pak Jokowi," kata Tjahjo di Balai Besar Rehabilitasi BNN, Lido, Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/7/2018).

Tjahjo menilai tidak tepat baginya untuk menyampaikan nama-nama bakal cawapres yang pantas mendampingi mantan Walikota Solo tersebut. 

Sebaliknya, ia meminta masyarakat sabar menunggu. Sebab, bisa saja cawapres Jokowi diumumkan satu hari menjelang pendaftaran capres dan cawapres atau satu jam sebelum pendaftaran ditutup.

Tjahjo juga menolak soal dikotomi militer atau non-militer terkait cawapres Jokowi. Baginya, terpenting bakal pendamping Jokowi mampu bekerja sama.

"Saya kira untuk capres cawapres yang penting dia mengemban amanah dan harus bisa bekerja sama," tutup Mendagri RI Tjahjo Kumolo menanggapi siapa yang pantas mendapingi Jokowi di Pilpres 2019 mendatang. (*)

Pewarta
: Hasbullah
Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Rizal Dani