Peristiwa - Nasional
DMI: Hanya Dua Negara Pengelolaan Masjidnya yang Tidak Diatur Pemerintah
11-07-2018 - 21:55 | Views: 3.95k
Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komjen Syafruddin. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komjen Syafruddin. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komjen Syafruddin, mengatakan soal pengelolaan masjid yang diatur negara, hanya ada dua negara di dunia tidak menerapkannya.

"Hanya ada dua negara yang tidak diatur, Indonesia dan Pakistan," ujar Syafruddin saat bertemu dengan pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di PTIK, Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Penjabat Wakapolri ini menuturkan, ciri masjid yang dikontrol pemerintah yaitu jemaahnya diberi selebaran materi ceramah yang akan dibawakan khatib.

Kata Syafruddin, Indonedia sempat menerapkan hal tersebut pada era pemerintahan orde baru (Orba), namun di era saat ini sudah banyak masjid yang tidak memberi selebaran isi ceramah.

Atas dasar itu, ungkap dia, pimpinan dari seluruh dunia mengapreasi independensi masjid yang ada di Indonesia yang pengelolaan masjid nya tidak lagi diatur negara.  "Di situ pemimpin umat dan negara mengakui Indonesia tentang masjid. Menjadi apreasiasi kepada masyarakat dan bangsa Indonesia," tutup Wakil Ketua Umum DMI itu. (*)

Pewarta
: Hasbullah
Editor
: Faizal R Arief
Publisher
: Rochmat Shobirin