Peristiwa
Hore, Jalur ke Pantai Pulau Merah Dibangun Ala Jalan Tol
11-07-2018 - 17:29 | Views: 70.02k
Pelaksanaan proyek pembangunan jalan menuju pantai wisata Pulau Merah, Banyuwangi, oleh PT BSI. (FOTO : Syamsul Arifin/ TIMES Indonesia)
Pelaksanaan proyek pembangunan jalan menuju pantai wisata Pulau Merah, Banyuwangi, oleh PT BSI. (FOTO : Syamsul Arifin/ TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Kabar gembira bagi seluruh wisatawan sentero Nusantara. Khususnya para penyuka pantai wisata Pulau Merah. Kenapa? Karena jalur menuju destinasi unggulan Banyuwangi, tersebut telah dibangun. Dan istimewanya, tingkat kekuatan dan kualitas jalan sekelas jalan tol.

Pembangunan jalan menuju tempat wisata di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, ini dilakukan oleh PT Bumi Suksesindo (PT BSI). Sebuah perusahaan tambang emas yang beroperasi di wilayah setempat.

Pelaksanaan-proyek-pembangunan-jalan-A.jpg

Senior Manager External Affairs PT BSI, Sudarmono menjelaskan, saat ini tahap awal proyek pembangunan berupa kegiatan pemadatan jalan sepanjang 3 kilometer telah selesai.

"Memang cukup lama karena teknologi yang digunakan tergolong baru, dan jalannya nanti kualitas jalan tol," katanya, Rabu (11/7/2018).

Metode pembangunan, lanjutnya, menggunakan Cement Treated Recycling Base (CTRB). Dipilih karena karakteristik hasil pengerasan, jalan menjadi lebih kuat dan tahan lama. Dan yang terpenting, tidak mudah rusak meski sering terendam genangan air.

"Kita tahu bersama bahwa di beberapa titik jalan di sini sering terendam air saat hujan, dengan metode CTRB diharapkan jalan jadi lebih tahan lama," ungkap Sudarmono.

Dengan adanya pembangunan yang dilakukan tambang emas terbesar kedua di Indonesia ini, dipastikan wisatawan bisa lebih nyaman saat berkendara menuju pantai Pulau Merah. Utamanya seluruh masyarakat setempat dan Banyuwangi.

Namun, sambil menunggu terselesaikan, Sudarmono berharap para pengguna jalan untuk sedikit bersabar. Terlebih, demi keamanan dan kelancaran proyek, akan ada pengalihan bahkan sampai penutupan jalan.

"Untuk memastikan arus kendaraan tetap berjalan, kami sudah berkoordinasi dengan Forpimka. Meskipun demikian, pada hari Sabtu dan Minggu jalur wisata tetap dibuka," imbuh Manager Goverment Relation PT BSI, Yunizar 'Yupi' Imamsyah.

Pembangunan jalan ini disambut senang warga sekitar. Akses jalan yang nyaman diyakini meningkatkan perekonomian warga.

"Kami sangat senang jalan didaerah kami dibangun, selain nyaman, juga pengendara bisa melintas dengan lebih aman," ungkap Adi, warga setempat.

Pembangunan jalan menuju pantai wisata Pulau Merah, ala jalan tol ini adalah bukti kepedulian PT BSI terhadap masyarakat. Sekaligus wujud sinergitas dengan Pemerintah Daerah Banyuwangi. Utamanya pada sektor pariwisata. (*)

Pewarta
: Syamsul Arifin
Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
: Rizal Dani