Peristiwa - Daerah
Begini Tantangan Polri di Era Digital Menurut Moeldoko
11-07-2018 - 16:37 | Views: 2.56k
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BONDOWOSOBupati Bondowoso Amin Said Husni mengingatkan pentingnya soliditas Polri di era digital saat ini. Pesan itu disampaikan “presiden” Bondowoso Republik Kopi saat menjadi inspektur upacara HUT ke-72 Bhayangkara di Bondowoso (7/11/2018).  

Seperti apa tantangan di era digital? Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam workshop dan seminar teknologi digital di Gedung Krida Bhakti, Jakarta, 18 Januari 2018, mengungkapkan pandangannya. Seminar dan workshop yang diselenggarakan selama dua hari tersebut terselenggara oleh IYKRA yang didukung oleh Kantor Staf Presiden dan Data Science Indonesia.

Moeldoko bercerita bagaimana dunia berubah dengan cepat baik dari sisi ekonomi, teknologi, maupun sosial. “Ideologi anak-anak muda itu adalah perubahan, ini jadi kata penting,” ucapnya seperti dilansir dari laman resmi setkab.

Moeldoko menyebutkan tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam dunia yang berubah saat ini. Yakni, inovasi, perubahan, dan social entrepreneurship.

Ia memberi contoh perubahan yang secara drastis akan mengubah peta industri, yakni mobil listrik. “Komponen utama mobil listrik itu hanya sekitar 18 buah. Bandingkan dengan mobil konvensional yang bisa terdiri lebih dari 10 ribu. Itu akan terjadi perubahan dalam industri-industri penopangnya,” ujar Moeldoko.

Lebih jauh, perubahan-perubahan yang terjadi membawa perubahan-perubahan lainnya yang jauh lebih kompleks. Perubahan tersebut berlangsung sangat cepat. Tidak hanya cepat, tapi berkecepatan tinggi. “Tidak hanya speed, tapi highspeed,” ujar Moeldoko.

Sebelumnya Bupati Bondowoso Amin Said Husni mengatakan, Polri di era digital akan banyak mengalami tantangan. Mulai dari cyber crime hingga kejahatan trans nasional. (*)

Pewarta
: Deasy Mayasari
Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: