Peristiwa
Pesawat Drone Milik LAPAN Berseliweran di Langit Banyuwangi, Ada Apa?
08-07-2018 - 17:44 | Views: 4.11k
Tim dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) (FOTO: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)
Tim dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) (FOTO: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melakukan pemantauan udara menggunakan pesawat mini drone di langit Desa Jajag, Kecamatan Gambiran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (8/7/2018).

Pemantauan dilakukan guna memetakan kawasan Jajag dalam perencanaan potensi dan pembangunan tata ruang wilayah. 

“Ini merupakan inovasi untuk memetakan wilayah, jadi saat akan membangun kawasan industri misalnya, UMKM, atau parisiwata, kami tidak salah tata letak. Sehingga kami bisa tahu daerah-daerah mana yang perlu pembangunan” ungkap Suparno, Kepala Desa Jajag. Kecamatan Gambiran, Minggu (8/7/2018).

Drone-LAPAN-2.jpg

Sementara itu Atik Bintoro, Tim Pemantau LAPAN mengatakan, datang ke Desa Jajag bersama dengan dua tim yang terdiri dari Tim Pemantau Penerbangan dan Tim Teknis.

Menurutnya, untuk menghasilkan gambar yang sempurna pihaknya harus menerbangkan pesawat drone beberapa kali. Sebab terkadang juga terjadi kendala teknis saat pesawat diterbangkan.

“Kami menerbangkan sebanyak 8 kali, dengan durasi sekali terbang 30 menit. Hasilnya kurang lebih 3000 foto dapat kami ambil,” jelasnya kepada TIMESIndonesia.

Sedangkan untuk ketinggian pesawat drone, kurang lebih hanya 100 – 200 meter saja. Ini untuk menghasilkan kualitas gambar yang baik dan jelas.

Drone-LAPAN-3.jpg

“Memang tidak terlalu tinggi, karena untuk menghasilkan kualitas gambar yang baik,” imbuhnya.

Atik juga mempersilahkan barangkali dari masyarakat atau instansi yang ingin mengundang LAPAN untuk memetakan wilayahnya. Namun, undangan tersebut bersifat resmi dan harus melalui sejumlah prosedur yang harus ditaati.

“Silahkan mengajukan, nanti kami akan datang,” ungkapnya.

Atik mengatakan, setelah memetakan kawasan Desa Jajag, ia bersama tim akan menuju ke kawasan terdampak banjir bandang di Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi.

“Kami akan memetakan kawasan terdampak banjir bandang di sana,” ucapnya. (*)

Pewarta
: Rizki Alfian
Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
: Rizal Dani