Peristiwa - Daerah
Sekretariat Pemkot Probolinggo Membara
05-07-2018 - 11:42 | Views: 3.97k
Simulasi kebakaran di Sekretariat Pemkot Probolinggo. (FOTO: Fahmi for TIMES Indonesia)
Simulasi kebakaran di Sekretariat Pemkot Probolinggo. (FOTO: Fahmi for TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, PROBOLINGGO – Sekretariat Pemkot Probolinggo, di jalan Panglima Sudirman membara. Ratusan karyawan lari berhamburan keluar ruangan. Dari pagar depan, nampak asap hitam membumbung tinggi dari ruang mesin mesin di sebelah lobi.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kebakaran tidak sampai membesar lantaran unit pemadam kebakaran setempat langsung mengerahkan tiga unit mobil damkar untuk memadamkan kobaran api.

Simulasi-kebakaran-2.jpg(FOTO: Fahmi for TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id))

Api diketahui terdeteksi di tiga titik bangunan. Meliputi bangunan utama dekat lobi, bangunan kedua  sisi selatan dekat ruang keuangan dan di bangunan ketiga atau kompleks humas setempat.

Kejadian tersebut, merupakan simulasi tanggap bencana yang digelar pemkot setempat.

“Memang sengaja kami lakukan lengkap dengan api yang membara. Untuk mengetahui kesiapan pegawai saat terjadi bencana semacam ini,” Kata Kasatpol PP, Sudiman, Kamis (5/7/2018).

Simulasi-kebakaran-3.jpg(FOTO: Fahmi for TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id))

Menurut Sudiman, kesiapan yang dimaksud adalah kesiapan sejumlah alat pemadam api ringan. Yang harus selalu dicek kualitasnya minimal tiga bulan sekali. Serta kesiapan pegawai saat terjadi bencana, dengan menyiapkan jalur evakuasi sehingga tidak kocar kacir saat terjadi bencana sebenarnya.

Kesiapan yang lain adalah, untuk para tim penyelamat. Mulai dari petugas satpol PP sendiri, tenaga keamanan dan tenaga medis. Terutama evakuasi pada pejabat utama. Seperti wali kota, sekda, kepala dinas dan pejabat utama lainnya.

“99 persen kegiatan ini tidak ada yang tahu. Baik pegawai maupun petugas yang melakukan evakuasi dan pemadaman api,” ujar Sudiman kemudian.

Simulasi-kebakaran-4.jpg(FOTO: Fahmi for TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id))

Lebih lanjut, pihaknya berharap dari simulasi ini semua elemen dalam Sekretariat Pemkot Probolinggo tanggap bencana dan waspada. Mengingat musim pancaroba seperti ini, angin bertiup sangat kencang. Sementara potensi kebakaran, bisa saja terjadi. Terutama di kompleks perkantoran besar seperti Pemkot Probolinggo. (*)

Pewarta
: Happy L. Tuansyah
Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
: