Kesehatan
Ini Dia Penyebab Perusak Kesehatan Rambut
03-07-2018 - 05:14 | Views: 3.88k
Ilustrasi Rambut rontok. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Ilustrasi Rambut rontok. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTARambut adalah salah satu bagian tubuh yang harus dijaga. Dari bentuk, gaya, warna dan kesehatannya menjadi teramat penting, mengingat, semakin bertambah usia Anda, semakin beresiko terkena efek alami penuaan.

Kebanyakan, orang tidak memikirkan hal ini. Mereka menjadi kurang peduli dengan rambut, karena tidak terlihat tanda-tanda berbahaya. Padahal, dengan tidak menjaga kesehatan rambut, Anda akan mendapati rambut bermasalah.

Dilansir dari Mag for Women, ini dia kebiasaan yang harus dihindari, jika ingin rambut senantiasa sehat.

1. Menggunakan Iron Brush setiap hari

Iron-Brush.jpg(FOTO: Me Mine Beauty)

Mengaplikasikan Iron Brush untuk merapikan, meluruskan, menggembangkan atau membentuk rambut setiap hari justru akan merusak rambut. Temperatur Iron Brush yang tinggi membuat kelembaban alami rambut menguap dan membuatnya kering sehingga mudah patah. Anda boleh menggunakannya jika dalam kondisi tertentu dan jangan setiap hari.

2.Menggunakan shampo yang sama

Anda mungkin berpikir akan menyehatkan jika tetap menggunakan satu merk shampo dalam jangka waktu yang panjang. Padahal, hal ini juga kurang baik. Mengapa? Jika Anda menggunakan shampo anti ketombe, maka ia hanya menutrisi kulit kepala, dan mengabaikan nutrisi yang dibutuhkan rambut. Untuk itu, jika ketombe Anda sudah berkurang, berpindah ke shampo lainnya seperti anti-hair fall lebih dibutuhkan rambut.

3.Menggunakan banyak merk di satu waktu secara bersamaan

Seseorang yang berlebihan ‘merawat’ rambut biasanya malah membahayakan kesehatan rambut. Jika dalam sehari Anda menggunakan shampo, kondisioner, serum, vitamin dan lainnya, maka Anda harus mulai menguranginya. Menggunakan banyak produk dengan campuran bahan kimia justru membuat rambut lemah.

4. Mengikat rambut terlalu ketat

Jika Anda mengikatnya terlalu keras, akar rambut akan tertarik dan justru mengurangi kekuatannya. Tidak hanya membuat akar rambut lemah, kulit kepala juga akan rentan terkena gangguan lainnya.

5. Terlalu sering mewarnai rambut

mewarnai-rambut.jpg(FOTO: Magazine Job-like)

Pewarna rambut selalu mengandung bahan kimia yang mempengaruhi kesehatan rambut. Untuk itu, mewarnai boleh dilakukan jika memang dibutuhkan.

Nah, jika ingin rambut senantiasa sehat, lima hal di atas harus dihindari. Semoga bermanfaat! (*)

Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: