Peristiwa - Daerah
Dapat Apresiasi Dewan Soal WTP, Bupati Jember: WTP Butuh Proses
02-07-2018 - 19:34 | Views: 2.19k
Bupati Jember dr Faida hadir dalam Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Jember, Senin (2/7/2018). (FOTO: Istimewa)
Bupati Jember dr Faida hadir dalam Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Jember, Senin (2/7/2018). (FOTO: Istimewa)

TIMESBANYUWANGI, JEMBER – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jember memberikan pujian kepada Bupati Jember dr Faida atas predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas pengelolaan keuangan daerah yang diraih Pemkab Jember, Jawa Timur.

Apresiasi tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD Jember dr Yuli Priyatno saat memimpin Sidang Paripurna DPRD Jember, Senin (2/7/2018). 

"Kami sampaikan selamat kepada Bupati dan jajaran perangkat daerah atas predikat hasil pemeriksaan keuangan, untuk selanjutnya menjadi semangat kita bersama untuk mempertahankannya," kata Yuli.

Sementara itu, Bupati Faida mengatakan bahwa predikat tersebut sebelumnya diragukan sejumlah pihak bakal diperoleh Pemkab Jember. Namun, kenyataan berbeda.

Malah baginya, keragu-raguan tersebut menjadi pemicu semangat.

"WTP itu memang harus berproses. Saya lebih senang yang alami. Kalau memang nggak WTP nggak apa-apa. Biar, nggak WTP supaya menjadi jelas apa yang belum benar dan apa yang perlu diperbaiki," jelasnya kepada wartawan. 

Karena proses alami itu, maka ketika mendapatkan predikat tersebut benar-benar asli.

"Jadi bahagianya itu lahir batin. Benar-benar bisa dipertaruhkan kepada masyarakat. Saya apresiasi, karena ini tentu berkat kerja keras semua orang," tuturnya

Kendati demikian, dia juga mengakui ada beberapa temuan BPK yang perlu ditindaklanjuti. Di antaranya, pengembalian aset negara, keuangan yang belum ditindaklanjuti.

"Termasuk di tahun-tahun yang sudah lama," imbuhnya. 

Dia menjelaskan, temuan itu ditindaklanjuti pemerintah dengan membuat surat kepada sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dan sejumlah pihak terkait untuk menindaklanjuti temuan BPK tersebut. "Dan sebagian sudah ada yang mengembalikan," ungkap Bupati.

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Jember yang digelar di ruang sidang utama DPRD Jember beragendakan Penyampaian Nota Pengantar Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan (LPP) APBD Tahun Anggaran 2017 oleh Bupati.

LPP ini tindak lanjut Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ Akhir) Tahun Anggaran 2017, dengan mendasari pada Laporan Keuangan Daerah Tahun 2017 yang telah diaudit oleh BPK. "Semoga kita terus diberikan kekuatan untuk mempertahankan opini WTP melalui upaya bersama yang berkelanjutan, terstruktur, dan koheren," harap Bupati Faida. (*)

Pewarta
: Dody Bayu Prasetyo
Editor
: Widodo Irianto
Publisher
: Rochmat Shobirin