Peristiwa - Daerah
Tuntas, Kirab Koin NU Berakhir di Banyuwangi
14-06-2018 - 14:11 | Views: 3.67k
Nampak sejumlah pengurus NU menginfaqkan hasil penggalangan dana ke Kotak Infaq (KOIN) NU di Banyuwangi (FOTO: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)
Nampak sejumlah pengurus NU menginfaqkan hasil penggalangan dana ke Kotak Infaq (KOIN) NU di Banyuwangi (FOTO: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Kirab Kotak Infaq (KOIN) NU yang diluncurkan oleh Pengurus Pusat NU-Care LAZISNU berakhir di Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur pada Rabu (13/6/2018) malam.

MWC NU Kecamatan Gambiran sukses menjadi penggalang tertinggi dibandingkan 24 MWC lain di Kabupaten Banyuwangi, yakni sebesar Rp 23.070.200.

Koordinator Kirab Banyuwangi, Anang Lukman Afandi mengatakan, kesuksesan MWC NU Gambiran dalam penggalangan dana Infaq ini tidak terlepas dari strategi yang diterapkan.

Menurut Anang, Pengurus MWC tidak kenal lelah mensosialisasikan program ini kepada para pengurus NU dan Badan Otonom tingkat MWC hingga ranting se-Kecamatan Gambiran.

“Lembaga-lembaga yang berafiliasi dengan NU juga tidak luput diimbau untuk turut serta partisipasi dalam penggalian dana spontan ini,” ujar Anang kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Kamis (14/6/2018).

Sesuai janji dari PCNU Banyuwangi, maka MWC NU Gambiran akan mendapatkan reward atas prestasi yang telah diraih, meskipun belum jelas penghargaan apa yang dimaksud.

Seperti diketahui pelepasan Kirab Koin NU ini dilaksanakan pada Rabu (14/3/2018) di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara, Kabupaten Serang, Banten.

Sementara itu Kirab Koin NU sendiri bermula dari semangat berinfak yang ditularkan PCNU Kabupaten Sragen. Melalui LAZISNU, Sragen memberi contoh bahwa infak uang receh/koin jamaah NU mampu memberi kemashlatan bagi jamaah dan jamiyah NU secara luas.

Dana tersebut sendiri dimanfaatkan untuk membantu yatim dan dhuafa dalam bidang sosial, kesehatan, pendidikan dan penguatan ekonomi serta membangun kemandirian finansial jamiyah melalui pembangunan kantor PCNU/MWC, rumah sakit, pendirian usaha, dan lainnya.

Rakornas NU Care-LAZISNU di Pesantren Walisongo Sragen (29/1/2018), merupakan titik bangkit bagi LAZISNU se-Nusantara, menjadikan Sragen sebagai tempat untuk menisbatkan momentum kebangkitan kesadaran berinfak warga NU. (*)

Pewarta
: Rizki Alfian
Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
: Rochmat Shobirin