Gaya Hidup
8 Tips Menghemat Baterai Smartphone dalam Perjalanan Mudik
14-06-2018 - 07:08 | Views: 4.22k
ILUSTRASI Baterai lemah. (FOTO: BacaTerusNet)
ILUSTRASI Baterai lemah. (FOTO: BacaTerusNet)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Saat dalam perjalanan mudik Lebaran, mengisi daya baterai menjadi tantangan tersendiri, terlebih jika Anda menggunakan transportasi umum. Perangkat baterai portabel (powerbank) bisa jadi penyelamat, namun terlalu sering menggunakan powerbank justru dapat membuat daya tahan baterai smartphone berkurang. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mencoba mengurangi konsumsi daya secara manual. Berikut tips menghemat baterai smartphone.
 
1. Kurangi Kecerahan Layar

Dibandingkan dengan komponen ponsel yang lain, layar paling banyak menghabiskan daya pakai baterai. Karena itu, mengurangi kecerahan layar bisa menjadi cara untuk menghemat baterai. Sebagian besar ponsel memiliki fitur mode pengaturan kecerahan secara otomatis, yang menyesuaikan kecerahan layar agar sesuai dengan tingkat pencahayaan di sekitar.

2. Pilih Opsi Kunci Otomatis

Dalam menu pengaturan tampilan pada ponsel, Anda dapat menemukan opsi "Tidur" atau yang serupa ("Kunci Otomatis" untuk iPhone). Pengaturan ini mengatur berapa layar ponsel Anda akan tetap menyala.

Untuk menghemat daya, pilih opsi batas waktu terpendek. Pada kebanyakan ponsel Android, minimum adalah 10 detik, sementara iPhone minimum yang bisa diatur adalah 30 detik.

3. Matikan Bluetooth

Saat ini banyak orang yang suka menggunakan Bluetooth untuk headset handsfree, speaker nirkabel atau pelacak kebugaran.

Namun, bila Anda tidak benar-benar memerlukannya, lebih baik Anda mematikan Bluetooth untuk memperpanjang masa pakai baterai ponsel Anda.

4. Matikan Wi-Fi

Seperti Bluetooth, Wi-Fi ponsel Anda adalah saluran pembuangan baterai yang serius. Meskipun kadang-kadang Anda perlu menggunakan koneksi Wi-Fi di rumah atau kantor untuk akses internet dan layanan data lainnya.

5. Matikan Layanan Lokasi dan GPS
Pengisap baterai besar lainnya adalah aplikasi yang menggunakan data GPS dan Wi-Fi untuk memantau lokasi. Anda dapat menonaktifkan akses aplikasi ke layanan lokasi untuk menghemat baterai.

Anda juga sebaiknya lebih bijak mengizinkan untuk mengakses setiap aplikasi. Pemberian terlalu banyak izin ke aplikasi yang tidak pernah Anda gunakan akan menghabiskan baterai Anda tanpa keuntungan.

6. Jangan Gunakan Getar
Mode getar memakan daya lebih banyak daripada mode nada dering, karena nada dering hanya membutuhkan selaput mungil di speaker ponsel untuk menghasilkan suara.

Sebaliknya, mode getaran membutuhkan lebih banyak daya untuk membuat seluruh ponsel bergetar.

7. Matikan Notifikasi yang Tidak Penting
Sepertinya hampir semua aplikasi saat ini membutuhkan internet untuk pembaruan informasi. Saat notifikasi masuk akan membuat layar ponsel Anda menyala, hal ini akan mengkonsumsi energi.

8. Aktifkan Mode Hemat Daya

Banyak vendor ponsel yang telah menyediakan fitur hemat daya. Fitur tersebut untuk mencegah aplikasi memperbarui diri, meredupkan layar, menonaktifkan animasi dinlayar dan mematifkan getaran.

Secara default, mode ini biasanya menyala saat tingkat baterai Anda 20 persen. Dan, semakin cepat ponsel beralih ke mode hemat daya ini, semakin lama baterai akan bertahan.

Menghemat baterai smartphone memang harus dilakukan selama perjalanan mudik Lebaran. Saat ini keberadaan smartphone sangat diperlukan selama mudik. Salah satunya adalah untuk mencari rute perjalanan, menghindari kemacetan, dan keperluan lainnya. (*)

Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: