Kesehatan
Ibu Hamil Jangan Berlebihan Konsumsi Makanan Lebaran Ini, Ya!
14-06-2018 - 06:04 | Views: 5.90k
ILUSTRASI Wanita hamil. (FOTO: Dokter Sehat)
ILUSTRASI Wanita hamil. (FOTO: Dokter Sehat)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Berbagai sajian makanan khas Lebaran yang lezat dan nikmat membuat banyak orang jadi mengonsumsinya berlebihan. Hal tersebut sebenarnya tidak menjadi masalah. Namun bagi ibu hamil, sebaiknya Anda lebih cermat dan hati-hati memilih menu masakan Lebaran. Pasalnya ada beberapa jenis makanan yang berisiko jika dikonsumsi berlebihan oleh ibu hamil.

Berikut makanan khas Lebaran yang tidak boleh berlebihan dikonsumsi ibu hamil, dilansir dari Dokter Sehat.

1.    Masakan Berbumbu Pedas

Gulai dan sambal kentang menjadi salah satu sajian yang banyak disajikan saat lebaran. Jika bumbu yang digunakan untuk masakan adalah bumbu yang cukup pedas, maka tentu hal ini sebaiknya dihindari konsumsinya oleh ibu hamil.

Langsung mengonsumsi makanan pedas akan berisiko mengiritasi pencernaan hingga menyebabkan diare. Diare pada ibu hamil akan menyebabkan berkurangnya asupan gizi dalam tubuh ibu hingga meningkatkan risiko dehidrasi pada ibu hamil.

2.    Camilan Manis

Makanan manis atau makanan kemasan, haruslah dibatasi konsumsinya pada ibu hamil. Jika konsumsinya tidak dikontrol maka tentu asupan gula harian ibu bisa jadi meningkat.

Sebaiknya ibu hamil memilih camilan yang rendah gula buatan dan natrium, yaitu dengan memilih camilan yang segar misalnya buah, sayur atau kacang-kacangan.

3.    Masakan Bersantan Kental dan Berminyak

Gulai, rendang hingga sambal kentang dengan udang, menjadi salah satu contoh masakan yang tidak boleh dikonsumsi berlebihan oleh ibu hamil.

Perlu diingat, bahwa dalam kondisi apapun, baik saat puasa, hamil maupun sedang lebaran porsi konsumsi makanan berlemak tidak boleh lebih dari 5-6 porsi dalam sehari ya. Angka 5-6 porsi minyak tersebut mencakup penggunaan minyak untuk camilan, jajanan, masakan ataupu lauk.

4.    Minuman Kemasan

Berbagai jenis minuman tentu banyak disajikan saat sedang bersilaturahmi ketika lebaran. Hal ini tak jarang membuat ibu hamil kerap lupa bahwa asupan gula harian juga tidak boleh berlebihan.

Dalam satu porsi minuman kemasan yang tidak rendah gula, lazimnya kita sudah mampu memenuhi hampir separuh konsumsi gula harian tubuh. Bayangkan jika ibu mengonsumsi lebih dari 2 atau 3 porsi minuman manis kemasan dalam sehari, tentu asupan gula jadi berlebihan.

Meski banyak makanan khas Lebaran yang disajikan, ibu hamil harus selektif memilih makanan yang akan dikonsumsi. Jangan mempertaruhkan kesehatan Anda dan bayi dalam kandungan hanya karena tergoda nikmatnya menu masakan Lebaran. (*)

Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: