Gaya Hidup
Awas! Ini Risiko Mudik pada Malam Hari
09-06-2018 - 04:24 | Views: 3.61k
ILUSTRASI Mudik Malam hari. (FOTO: MerahPutih)
ILUSTRASI Mudik Malam hari. (FOTO: MerahPutih)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Tidak sedikit masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Lebaran ke kampung halaman saat malam hari. Alasannya, mulai dari menghindari panas, hingga tak mau terkena macet parah di siang hari. Padahal ada banyak risiko mudik malam hari, lho.

Mudik di malam hari memang berbahaya dan rentan risiko, mengapa? Karena kita sulit untuk mendeteksi jarak dan kecepatan dari kendaraan lain. Risiko lainnya adalah jarak pandang atau visibilitas yang berkurang.

Mengemudi di malam hari juga kerap tidak dilengkapi lampu penerang jalan. Selain itu, lampu mobil dari kendaraan lain dari arah berlawanan bisa membuat silau.

Jika benar-benar harus mudik dibmalam hari, Anda harus memiliki persiapan yang matang. Jika pada siang hari Anda bisa mengemudi selama delapan jam dan dua jam istirahat, Anda sebaiknya maksimal mengemudi selama empat jam dan beristirahat selama dua jam pada malam hari.

Selain itu, sebaiknya jangan mengemudi sendirian saat mudik Lebaran. Usahakan ada teman yang bisa diajak bergantian mengendarai mobil. Dengan cara ini tentu pengemudi bisa istirahat terlebih dahulu, dan kemudian bisa kembali bergantian. (*)

Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: