Gaya Hidup
Tubuh Tetap Bugar saat Mudik Lebaran, Yuk Lakukan Tips Ini!
07-06-2018 - 04:21 | Views: 2.74k
ILUSTRASI - Mudik Lebaran (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
ILUSTRASI - Mudik Lebaran (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Melakukan perjalanan jauh saat sedang berpuasa bisa membuat Anda merasa lemah, lesu, dan kurang fit. Karena itu, tubuh yang bugar sangat diperlukan saat melakukan perjalanan jauh seperti mudik Lebaran. Berikut beberapa tips agar tubuh tetap bugar saat mudik meski sambil berpuasa, dilansir dari The Asian Parent.

1. Jangan Lewatkan Sahur
Karena perjalanan mudik lebaran selalu dilaksanakan masih dalam bulan puasa, jadi manfaatkan waktu sahur sebaik-baiknya dengan memberikan asupan makanan bergizi dengan pola makan tepat saat berpuasa.

Memang sebenarnya tidak diwajibkan berpuasa bagi para musafir (orang yang sedang bepergian) namun jika tidak ada penghalang dan hambatan, bukankan lebih baik lagi jika kita tetap melaksanakan ibadah puasa.

2. Konsumsi Makanan Bergizi
Sebaiknya pilih makanan bergizi yang mengandung karbohidrat dan protein sebagai sumber tenaga untuk sepanjang hari ketika sahur. Utamakan untuk mengonsumsi serat yang cukup dari bahan alami seperti sayur dan buah agar pencernaan tetap sehat.

3. Menghindari Dehidrasi
Karena puasa, tentunya Anda juga tidak bisa minum, padahal perjalanan panjang dan melelahkan belum lagi harus macet di siang hari terik, untuk itu cukupi kebutuhan air Anda saat sahur baik dengan memperbanyak konsumsi air putih maupun asupan cairan dari kadar air yang terkandung dalam buah-buahan.

4. Olahraga dan Peregangan
Jika Anda menempuh perjalanan jauh, jangan lupa untuk berhenti sejenak untuk merenggangkan otot-otot Anda dan membuat tubuh Anda tetap bugar. Terlalu lama duduk dapat membuat otot tubuh kaku dan nyeri pada bagian tertentu. So, lakukan latihan peregangan singkat untuk melemaskan ketegangan selama perjalanan.

5. Cukup Tidur
Usahakan tidur minimal 6-8 jam sebelum melakukan perjalanan, karena dengan cukup tidur tenaga akan terkumpul dan tubuh Anda tidak lemas serta cepat merasa lelah, khususnya bagi Anda yang mengemudi.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum manfaatkanlah waktu perjalanan untuk tidur. Namun perlu juga diperhatikan posisi tidur agar terhindar dari kesemutan atau kram.

Itulah tipa agar tubuh tetap bugar saat mudik. Bagaimana, sudah siap untuk mudik Lebaran? (*)

Pewarta
: Tria Adha
Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Sholihin Nur