Tekno
3 Smartphone Berteknologi AI dengan Harga Terjangkau
25-05-2018 - 01:24 | Views: 3.89k
ILUSTRASI  - Smartphone dengan Teknologi AI (FOTO: Istimewa)
ILUSTRASI - Smartphone dengan Teknologi AI (FOTO: Istimewa)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Kecerdasan buatan atau lazim dikenali sebagai Artificial Intelligence belakangan kerap digaungkan oleh produsen smartphone saat memasarkan ponsel garapannya. Menambah nilai jual, teknologi ini diklaim dapat meniru kerja otak manusia sehingga dapat membuat keputusan sendiri tanpa harus secara nyata diprogram untuk melakukannya.

Bagi Anda yang tertarik menjajal AI di ponsel namun hanya memiliki dana terbatas, daftar rekomendasi ponsel terjangkau berikut bisa menjadi panduan saat memilih ponsel, dilansir dari Tabloid Pulsa.

1. Vivo Y71

Vivo-Y71.jpg

Datang dengan ukuran layar 6 inci, smartphone yang diposisikan sebagai varian terjangkau dari Vivo V9 ini hadir dengan resolusi HD+ serta aspek rasio 18:9. Menawarkan pengalaman yang nyaman untuk menonton dan bermain game, Y71 memiliki rasio layar ke bodi hingga 84.4 persen. Fitur eye protection yang dibenamkan juga siap mencegah mata pengguna dari kelelahan saat harus menatap layar dalam waktu lama.

Meluncur pada bulan April 2018, ponsel ini memang hanya mengusung kamera dengan resolusi 5 megapiksel yang berlokasi di bagian depan. Meski demikian, Anda tetap dapat menggunakan fitur AI Face Beauty yang dapat mengidentifikasi jenis kelamin, usia, warna dan tekstur kulit masing-masing pengguna serta menghasilkan efek yang tampak natural.

2. Oppo A71 (2018)

Oppo-A71.jpg

Ponsel yang meluncur pada awal tahun ini hadir dengan bentang layar 5,2 inci yang memiliki resolusi HD+ dengan aspek rasio 18:9. Tidak menanamkan sensor sidik jari, ponsel ini hanya menyertakan pola atau kata sandi sebagai gantinya.

Sebagai produsen ponsel Android dengan selfie sebagai nilai jual utamanya, Anda juga bisa memanfaatkan fitur AI Beauty recognition yang diklaim mampu memindai hingga 200 titik wajah. Smartphone ini juga akan mempelajari karakternya supaya dapat menerapkan sentuhan make-up digital yang akan membuat foto yang dihasilkan terlihat lebih menarik tanpa harus khawatir tampak berlebihan.

Dengan dukungan algoritma yang dikembangkan OPPO bersama fotografer dan make-up artist profesional, teknologi ini juga akan sanggup membedakan karakter wajah berdasarkan dari struktur, jenis kelamin serta usia.

3. Xiaomi Redmi Note 5

Xiaommi-redmi-note-5.jpg

Pada Redmi Note 5, Anda dapat menemukan kamera dengan resolusi 13 megapiksel yang sudah mendukung fitur AI Beauty 4.0 yang mampu menerapkan efek berbeda-beda sesuai dengan wajah masing-masing pengguna. Dilihat dari spek teknis, nampaknya kemampuan AI pada produk ini dibantu oleh hardware yang terdedikasi dalam prosesor (Neural Processing Engine). Sementara produk lain menggunakan hanya software untuk memunculkan kemampuan AI ini.

Smartphone dengan teknologi AI di atas dijual denhan harga sekitar 2 jutaan. Jika Anda ingin memiliki ponsel berteknologi AI dengam harga terjangkau, bisa lho memilih salah satunya. (*)

Pewarta
: Timothy Peter
Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Sholihin Nur