Pendidikan
STPP Malang Lakukan OJT untuk Pengoperasian Alsintan
23-05-2018 - 08:03 | Views: 2.36k
 Ketua Tim OPA Jawa Timur, Dwi Purnomo melatih langsung Operator dan Babinsa di Desa Tenggarang Kecamatan Tenggarang Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Ketua Tim OPA Jawa Timur, Dwi Purnomo melatih langsung Operator dan Babinsa di Desa Tenggarang Kecamatan Tenggarang Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BONDOWOSO – Hanya sekadar menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) saja kepada petani dinilai tidak cukup. Dibutuhkan juga kemampuan SDM yang baik dalam pengoperasian alsintan tersebut. Untuk mewujudkan itu, Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang melaksanakan On Job Training (OJT).

OJT tersebut dilakukan  di lokasi kegiatan optimalisasi pemanfaatan alsintan (OPA) desa Tenggarang, Kecamatan Tenggarang Bondowoso, Selasa (22/5/2018).

Pelatihan tersebut dimaksudkan, agar petani dan babinsa punya keterampilan dalam pengoperasian alat mesin pertanian. Hal ini diungkapkan oleh ketua tim OPA Jawa Timur, yang membawahi Korem 083, Ir. Dwi Purnomo. MM.

“Kita juga latih bagaimana operator mesin dapat memperbaiki kerusakan kecil pada mesin, seperti masuk angin dan juga modifikasi alat, agar petani tidak keluar biaya untuk memperbaiki,” kata dosen yang membidangi alat mesin pertanian itu.

Ketua-Tim-OPA-Jawa-Timur-Dwi-Purnomo.jpg

Pihaknya juga berharap, agar operator terus melatih keterampilan dalam menggunakan alsintan, dan memahami teknik-teknik alat agar usia ekonomis alat yang rata-rata sepuluh tahun itu bisa terpenuhi.

Bahkan, dalam OJT itu, dia melatih langsung operator mesin dan para babinsa. Selain itu, dia juga mencontohkan bagaimana cara mengoperasikan traktor roda empat (TR4).

Sementara menurut Dr Ir. Suhirmanto, penanggung jawab acara OJT tersebut, ada sekitar 42 mahasiswa yang dilibatkan dalam pelatihan pengoperasian alsintan itu. STPP Malang yang berada di bawah Badan SDM kementerian pertanian ini  bertanggung jawab atas tujuh kabupaten dan dua kota di Jawa Timur. (*)

Pewarta
: Moh Bahri (MG)
Editor
: Faizal R Arief
Publisher
: Rochmat Shobirin