Peristiwa - Nasional
Kementerian PUPR: Tiga Jalur di Pulau Jawa Siap Sambut Pemudik Lebaran
18-05-2018 - 18:06 | Views: 3.75k
Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Arie Setiadi. (FOTO: Alfi/TIMES Indonesia)
Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Arie Setiadi. (FOTO: Alfi/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Arie Setiadi mengatakan, pihaknya terus berupaya keras untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pemudik lebaran tahun 2018.

Menurutnya, pelayanan yang diberikan kepada pemudik yakni mulai dari penyiapan sarana dan prasarana jalan di tiga lintas jalan alternatif selain Jalan Tol. Ketiga Lintasan itu yakni, lintas utara, lintas tengah dan lintas selatan.

"Untuk lintas Utara kami usahakan bisa tembus jakarta surabaya sampai pasuruan," katanya di Media Center Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Sementara untuk Jalur Lintas Selatan, kata dia, pemudik juga bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan mulai dari pemandangan Pantai Pangandaran, Persawahan Patimuan Cilacap dan Agrowisata Kebumen.

"Jalur selatan panjang total 1.045 km, ini lintas jalur wisata sekalian kembangkan daerah wisata sepanjang jalur ini," katanya.

"Nanti lewatnya dari Pangandaran, Cilacap, Patimuan bisa langsung sampai Jogja. Walaupun jalannya lebih panjang tapi jalanan relatif santai, Penginapan juga mendukung. Nanti kalau sudah di Jogja balik lagi ke jalur tengah," tambahnya.

Tak hanya Jalur Utara dan selatan, menurut Arie, tiga Jalur lintasan tersebut sudah siap untuk dilalui. "2018 kondisi jalan lebih baik dan lebih mantap dengan kesiapan tim yg lebih kompak," katanya.

Kendati demikian, kata dia, masih ada beberapa titik jalan rawan seperti Jalan di Tol Genteng. Untuk itu dia meminta kepada para pemudik untuk lebih berhati-hati saat melewati titik - titik kritis.

Tak hanya itu, Kementerian PUPR juga telah menyiapkan jalur mudik mulai dari merak hingga ke Pasuruan. Hanya saja, ada beberapa titik fungsional, seperti lima ruas tol di Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo mulai dari Salatiga-Kertosuro, Sragen-Ngawi. (*)

Pewarta
: Alfi Dimyati
Editor
: Yatimul Ainun
Publisher
: Rochmat Shobirin