Olahraga
Apa Itu Olahraga Street Soccer, Begini Penjelasan Ketua ASSI Mandiri Isman
17-05-2018 - 08:18 | Views: 2.49k
Ketua ASSI Mandira Isman (kanan) bersama Menpora RI Imam Nahrawi. (FOTO: ASSI for TIMES Indonesia)
Ketua ASSI Mandira Isman (kanan) bersama Menpora RI Imam Nahrawi. (FOTO: ASSI for TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Meski mulai popular dipertandingkan, olahraga Street Soccer masih cukup asing di masyarakat. Olahraga apakah ini? Ketua Asosiasi Street Soccer Indonesia (ASSI) Mandiri Isman mengatakan, street soccer merupakan olahraga baru yang mulai digemari di Indonesia.

“Street soccer pada dasarnya sama dengan Futsal. Jumlah pemainnya sama. Empat orang. Terdiri dari tiga pemain dan satu keeper. Hanya yang membedakan adalah lapangan dan peraturannya,’’ jelas Mandira.

Lapangan dan peraturan Futsal sudah ditetapkan FIFA. “Kalau Futsal kan biasanya indoor, meski ada juga yang outdoor. Sedang Street Soccer lapangannya lebih bebas. Bisa di jalanan, lapangan umum, atau bahkan jalan beraspal,’’ jelas cucu Pahlawan Nasional Mas Isman ini.

Setiap tim, sambung dia, maksimal memiliki 4 pemain. Salah satunya penjaga gawang. “Meski begitu ada peraturan kejuaraan yang mengharuskan jumlah pemain dalam sebuah tim 5 pemain salah satunya penjaga gawang,’’ tambah Mandira.

Selain itu, ada aturan bahwa penjaga gawang diperbolehkan untuk mengambil bola dengan tangan di dalam kotak penalti di depan gawang. Sedang pemain lainnya dalam kedua tim dilarang memegang bola dengan tangan ketika bola masih dalam permainan.

“Pengecualian terhadap peraturan ini berlaku ketika bola melambung tinggi atau meninggalkan area permainan atau lapangan dan tendangan dalam (kick in) dilakukan untuk mengembalikan bola ke dalam permainan dimana bola meninggalkan area permainan,’’ jelasnya.

Di Street Soccer inilah setiap tahun digelar kejuaraan dunia. Namanya Street Children World Cup (SCWC) atau Piala Dunia Sepakbola Jalanan. Tahun 2018 ini digelar di Rusia. Di Indonesia olah raga ini diwadahi dalam Asosiasi Street Soccer Indonesia (ASSI)  yang diresmikan 20 Agustus 2015 oleh Menpora RI.

Pada SCWC 2018 ini Indonesia mengirimkan satu tim yang beranggotakan 9 anak. Namanya Tim Street Soccer Garuda Muda. Dalam laga SCWC 2018  ini tim Indonesia menempati posisi 4 dunia.

Mandira Isman berharap olahraga Street Soccer ini akan segera booming di masyarakat Indonesia. Apalagi street soccer merupakan olahraga baru yang mulai digemari di Indonesia. (*)

Pewarta
: Theofany Aulia
Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Rochmat Shobirin