Peristiwa
Jelang Ramadhan, Pemkab Banyuwangi Gelar Pasar murah
16-05-2018 - 19:52 | Views: 2.25k
Kabag Perekonomian Banyuwangi, Heni Sugiharti (kanan) saat meninjau pasar lelang cabai rawit di Wongsorejo, Selasa (15/5/2018). (FOTO: Dian Effendi/TIMES Indonesia)
Kabag Perekonomian Banyuwangi, Heni Sugiharti (kanan) saat meninjau pasar lelang cabai rawit di Wongsorejo, Selasa (15/5/2018). (FOTO: Dian Effendi/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGIPemkab Banyuwangi, Jawa Timur, melalukan operasi pasar dan menggelar pasar murah di beberapa titik untuk mengantisipasi lonjakan harga sembako jelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2018.

Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Setda Kabupaten Banyuwangi, Heni Sugiharti, menjelaskan kegiatan operasi pasar telah dilakukan sejak H-7 Ramadhan.

“Disperindag dan Bulog dengan beberala ritel telah menggelar pasar murah kita gelar di beberapa titik, seperti di pasar Banyuwangi, pasar Rogojampi, dan pasar Jajag,” jelas Heni, usai meninjau pasar lelang cabai rawit di Kecamatan Wongsorejo, Selasa (15/5/2018).

Menurut Heni, pasar murah rencananya akan digelar hingga satu bulan setelah hari raya Idul Fitri.

Langkah antisipatif lainnya yang ditempuh Pemkab Banyuwangi melalui Dinas Pertanian adalah dengan membuka pasar lelang cabai rawit di Kecamatan Wongsorejo.

“Pasar lelang ini bertujuan untuk mempertemukan antara petani dengan pedagang agar rantai distribusi bisa berkurang. Sehingga permainan harga bisa diantisipasi,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pertanian Pemkab Banyuwangi, I Dewa Made Wicaksana menjelaskan, selain pasar murah jelang Ramadhan, upaya lain yang dilakukan adalah dengan menambah produksi dengan luasan tanam. (*)

Pewarta
: Dian Efendi
Editor
: Faizal R Arief
Publisher
: Rizal Dani