Peristiwa - Daerah
Dinas Pertanian Bondowoso Serahkan AUTP kepada 65 Petani
16-05-2018 - 15:21 | Views: 4.38k
Kadis Pertanian Sedang Berdialog dengan sejumlah petani di Walidono Prajegan Bondowoso (FOTO: Hendri Widotono for TIMES Indonesia).
Kadis Pertanian Sedang Berdialog dengan sejumlah petani di Walidono Prajegan Bondowoso (FOTO: Hendri Widotono for TIMES Indonesia).

TIMESBANYUWANGI, BONDOWOSODinas Pertanian Kabupaten Bondowoso, terus memberikan bantuan pada petani. Salah satunya, dengan memberikan Asuransi Usaha Tani Tanaman Padi (AUTP) pada 65 petani, Selasa (15/5/2018).

Kepala Dinas Pertanian, H. Munandar, turun langsung untuk menyerahkan klaim, kepada sejumlah petani. Ada dua tempat yang diberikan asuransi, Walidono dan Prajegan Kidul.

Menurut Kepala bidang sarana dan prasarana, Hendri Widotono, petani seharusnya membayar polis asuransi Rp 180.000 satu kali tanam, tapi karena disubsidi pemerintah, petani hanya membayar Rp 36.000, jadi Rp 144.000 dibayar pemerintah

“Tapi untuk saat ini, petani tidak bayar polis, kita yang bayarkan, dan kita yang mengklaimkan. Bahkan petani tidak tahu kalau dimasukkan asuransi,” katanya.

Klaim perhektarnya, lanjut Hendri, dapat Rp. 6.000.000. Nanti jumlah itu untuk sarana produksi. Sengaja, kata dia, alokasi saat ini untuk dua tempat tersebut, karena memang di tempat itu sering terjadi banjir dan rawan penyakit.

Untuk di desa Walidono,  katanya, luas tanah yang dapat asuransi 17,5 ha, dengan jumlah petani 52 orang, sehingga total klaim sekitar Rp 105.348.000. Sementara di Prajekan Kidul luasan tanah 2,5 ha, dengan jumlah petani 13 orang, dan total klaim sekitar Rp 12.358.000.

Kadis pertanian berharap, selanjutnya nanti petani bayar sendiri, polis yang Rp 36.000 itu. Karena saat ini, sudah dibantu penuh oleh pemerintah daerah.

Acara penyerahan AUTP tersebut, dilaksanakan di rumah kepala gabungan kelompok tani (Gapoktan), di dusun Paterongan desa Walidono Prajegan, Kabupaten Bondowoso. Penyerahan itu, juga disaksikan oleh kepala desa setempat, perwakilan bank Jatim sebagai mitra, dan dihadiri oleh semua petani yang menerima asuransi. (*)

Pewarta
: Moh Bahri (MG)
Editor
: Faizal R Arief
Publisher
: Rochmat Shobirin