Peristiwa - Daerah
Program Beasiswa Perhotelan PKKU Desy Education Resmi dimulai
16-05-2018 - 08:17 | Views: 2.12k
Pembukaan program beasiswa perhotelan dan pariwisata LKP Desy Education di Hotel Santika Banyuwangi, Selasa (15/5/2018). (FOTO: Dian Effendi/TIMES Indonesia)
Pembukaan program beasiswa perhotelan dan pariwisata LKP Desy Education di Hotel Santika Banyuwangi, Selasa (15/5/2018). (FOTO: Dian Effendi/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Perasaan bangga bercampur haru terlihat diwajah 45 pemuda dari kalangan keluarga kurang mampu penerima beasiswa perhotelan dan pariwisata dari Lembaga Kursus dan Perhotelan (LKPDesy Education Banyuwangi, Jawa Timur.

Gelombang pertama pelaksanaan beasiswa Program Kecakapan Kerja Unggulan (PKKU) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI dan Desy Education tersebut resmi dimulai pada Selasa (15/5/2018).

Acara pembukaan berlangsung di Hotel Santika Banyuwangi yang dihadiri oleh pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) cabang Banyuwangi dan perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi.

Direktur LKP Desy Education, Handoyo Saputro, mengatakan dari pagu 35 penerima beasiswa PKKU yang diberikan Kemendikbud, ternyata pendaftar lebih dari 100 orang.

“Animo warga Banyuwangi yang ingin bergabung cukup tinggi. Oleh karenanya kami tidak ingin mengecewakan mereka. Hingga kami putuskan untuk memberikan beasiswa dari swadaya Desy Education,” jelas Handoyo, Selasa (15/5/2018).

Dari seluruh peserta yang mendaftar beasiswa ini, sebagian besar berasal dari pedesaan dan dipastikan dari kalangan keluarga kurang mampu.

“Persyaratannya memang demikian. Kita ingin mengangkat derajat dan martabat pemuda-pemuda desa, terutama dari keluarga kurang mampu,” jelasnya.

Setelah menerima beasiswa, peserta akan mengikuti program pendidikan dan pelatihan perhotelan selama satu tahun. Setelah itu, mereka akan mengikuti uji kompetensi yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK).

“Nanti seluruh peserta akan mendapat sertifikat uji kompetensi yang dikeluarkan LSK sebagai bekal untuk bekerja,” ujarnya.

Program PKKU telah menghasilkan lulusan yang saat ini telah berkarir di beberapa hotel berbintang. Salah satunya adalah Wahyudi, karyawan Front Office El-Royale Hotel Banyuwangi.

Sementara itu, Ketua PHRI Banyuwangi, Zaenal Muttaqin mengapresiasi langkah Desy Education memberikan beasiswa perhotelan dan pariwisata untuk pemuda Banyuwangi.

“Program ini sangat bagus untuk menambah ketersediaan SDM perhotelan dan pariwisata di Banyuwangi,” tandas Zaenal.

Pada kesempatan itu, Zaenal juga menyampaikan bahwa PHRI siap memfasilitasi perekrutan dan memberi akses pekerjaan kepada peserta PKKU melalui hotel dan restoran di seluruh Indonesia. (*)

Pewarta
: Dian Efendi
Editor
: Faizal R Arief
Publisher
: Ahmad Sukma