Peristiwa - Daerah
Perwakilan BPD dan Warga Banyuanyar Datangi Pemkab Banyuwangi
16-05-2018 - 05:30 | Views: 5.28k
Perwakilan BPD dan perwakilan warga Desa Banyuanyar, Kalibaru saat bertemu dengan Kepala Dinas DPMD BANYUWANGI. (Erwin Wahyudi / TIMES Banyuwangi)
Perwakilan BPD dan perwakilan warga Desa Banyuanyar, Kalibaru saat bertemu dengan Kepala Dinas DPMD BANYUWANGI. (Erwin Wahyudi / TIMES Banyuwangi)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Perwakilan Badan Permusyawaratan Desa (BPDBanyuwangi, bersama perwakilan warga Desa Banyuanyar, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, Selasa (15/5/2018) mendatangi kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, untuk menghadap ke Asisten Pemerintahan (Aspem) Kabupaten Banyuwangi. Hal itu untuk menanyakan tindak lanjut permasalahan yang saat ini sedang terjadi di Desa Banyuanyar. 

Akan tetapi para perwakilan yang berjumlah 34 orang tersebut harus menelan kekecewaan, pasalnya pihak Aspem tidak bisa menemui perwakilan tersebut karena sedang berada di luar kota. Tidak mau pulang dengan tangan kosong, akhirnya para perwakilan tersebut mendatangi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). 

"Pihak Aspem sedang berada di luar kota, selanjutnya kita disarankan menemui Kabag tata pemerintahan desa, tetapi yang bersangkutan sedang melakukan pembinaan ke desa desa," jelas Wakil Ketua Asosiasi BPD Kabupaten Banyuwangi, Nyoman Andri. 

Saat datang ke Kantor DPMD, para perwakilan diterima langsung oleh Kepala Dinas Zen Kostolani. Selanjutnya mereka langsung menyampaikan semua permasalahan yang ada di Desa termasuk Banyuanyar, dengan alasan bahwa ini merupakan kewenangan pihak tata pemerintah, pihak DPMD tidak bisa memberikan jawaban sesuia dengan keinginan mereka, pihak DPMD hanya menampung dan berjanji akan menyampaikan ke pihak Asisten Pemerintahan melalui tata pemerintahan desa.

"Pertemuan tadi hanya sharing saja, karena yang berhak menangani adalah pihak tata pemerintahan desa dan mereka berjanji akan mengatasi masalah ini sesuai dengan aturan dan tahapan yang ada," ungkap Kepala Dinas DPMD, Zen Kostolani. 

Semetara itu, Wakil Ketua Asosiasi BPD Banyuwangi, Nyoman Andri, yang saat itu hadir dalam acara tersebut mengapresiasi pihak DPMD yang ingin memfasilitasi untuk menyampaikan hal ini ke pihak Aspem, pihaknya akan menunggu sampai satu minggu ke depan terkait hal itu. 

"Kami akan menunggu sampai satu minggu ke depan, jika tidak ada tidak lanjut dari Pemkab, maka kami akan turun untuk melakukan aksi, tetapi sesuai dengan prosedur yang ada," pungkasnya. 

Semetara itu Ketua BPD Banyuanyar Muchamad Salam mengatakan, pihaknya ingin masalah di desanya, karena ia tidak ingin masalah ini berkepanjangan. "Malam Ini masih dalam proses musyawarah dengan berbagai elemen dan tokoh masyarakat untuk menentukan langkah kedepan, tetapi juga tetap masih pikirkan dampaknya," pungkasnya. (*)

Pewarta
: Erwin Wahyudi
Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Ahmad Sukma